Motor Baru Harus Di Atas Rival, Tapi Tidak Dengan New R15

Biasanya nih motor keluaran terbaru merupakan “penyempurnaan” dari yang lama, terutama dari sang rival. Bisa dari sisi desain walau ini relatif tergantung selera atau dari sisi performa dalam hal ini power (torsi agak diabaikan). Wajar, sebab produk baru biasanya butuh extra effort untuk memperkenalkan diri kepada publik dibanding yang sudah duluan hadir. Diantara desain dan power, biasanya item terakhir yang paling ditunggu, power. Sebab angkanya pasti dan bisa diukur. Sekarang, akankah New R15 akan memakai “pola” itu?

Sebelum menjawabnya, kita tengok ke belakang sebentar ketika R15 hadir pertama kali, yang menjadi sasaran adalah CBR150 CBU Thailand. Yamaha “memukul” CBR150 CBU dengan power dan harga R15 yang lebih value. Alhasil, AHM dipaksa melokalkan CBR150 dengan kode K45. CBR150 hadir dengan power lebih tinggi dari R15. Ditambah revisi CBR150 K45G, R15 makin ketinggalan baik dari sisi desain maupun power.

Pun demikian saat R25 hadir untuk menggoyang pasar motorsport seperempat liter yang lama dikuasai Ninja 250, modal utamanya adalah performa yang di atas rival. Sayang, desain Ninja 250 yang lebih moge look dan nama besarnya masih terlalu kuat untuk ditaklukkan. Hal terulang saat Honda ikut-ikutan bermain di kelas ini dengan meluncurkan CBR250RR. Performa lebih unggul dari Ninja 250 dan R25, desain tidak kalah keren dan penambahan fitur-fitur baru yang membuatnya makin jauh di atas rival. Sudah hukum alam jika yang baru harus lebih dari yang lama, lebih powerfull, lebih value dan lebih keren. New R15 juga sudah sepantasnya begitu.

CBR150R sudah mampu menghipnotis pecinta motorsport 150 cc. Data AISI bisa dijadikan bukti. Yamaha jelas menjadikan CBR150R tolak ukur bagi New R15. Desain berubah total (jika dilihat dari spyshot yang beredar) dan tentu saja performa (dalam hal ini power di atas kertas) yang konon kabarnya di atas sang rival. Namun, nampaknya New R15 tidak akan benar-benar menjadi yang terkencang di kelas ini. Masih ada Suzuki yang punya gacoan mentereng di kelas ini, GSX-R150.

Power GSX-R150 jauh di atas CBR150R dan itu memang jualan Suzuki. Namun, jika melihat informasi dari mantan ordal Yamaha penunggu blog mariodevan sepertinya Yamaha tidak akan memposisikan New R15 di atas GSX-R150 untuk urusan power. Yamaha lebih membidik CBR150R sebagai buruan utama. Jika power CBR150R di kisaran 17 HP, GSX-R150 19 HP maka New R15 akan di angka 18 HP. GSX-R150 bukanlah ancaman bagi Yamaha, setidaknya itu info yang beredar. Masuk akal, sebab kondisi market Suzuki saat ini memang belum patut diperhitungkan (no offense ya).

Yamaha sepertinya mengacu pada marketshare bebek sport 150 dimana walaupun Satria F150 punya power di atas seluruh rival, namun tetap MX King lah sang juara di hati konsumen. Justru, MX King bersaing ketat dengan ayagonya Honda, Sonic 150 yang punya power di bawah Satria F150. New R15 akan diposisikan mirip dengan MX King, namun bedanya New R15 punya kelebihan power di atas CBR150R. Yamaha tinggal memainkan “kartu” di sisi desain dan fitur untuk mengalahkan CBR150R lagi. Bisakah? (karismauyy)

Advertisements