Nico Rosberg Juara Dunia, Tapi Pembalap Terbaiknya Adalah Lewis Hamilton!

Musim 2016 Formula One (F1) memang telah menjadi milik Nico Rosberg, namun untuk urusan pembalap terbaik nama Lewis Hamilton justru mengungguli eks kompatriotnya di Mercedes itu. Setidaknya itu yang tercermin dari hasil jajak pendapat BBC Sport dan beberapa pengamat. Ya, Hamilton adalah pembalap terbaik 2016.

Para vooters dan pengamat terkesan dengan usaha Hamilton kala mengejar ketertinggalan poin dari Niko. Bahkan di pertengahan mendekati akhir musim Hamilton sempat balik unggul di klasemen, sayang kendala teknis mobil sering menjadi musuh keduanya. Bahkan di fase akhir musim Hamilton sangat mendominasi perlombaan.

Tercatat di empat seri terakhir, Hamilton sukses menjadi pole sitter terus-menerus dan disempurnakan dengan kemenangan beruntun. Sayang, penampilan Niko Rosberg juga tidaklah sekelas anak bawang. Hamilton harus mengakhiri musim dengan tertinggal 5 poin di klasemen.

Momen terbaik Hamilton adalah ketika selama 45 lap sukses menahan gempuran pembalap Red Bull Daniel Ricciardo di GP Monaco untuk memenangi salah satu GP tersulit di F1 itu. Pencapaian di Monaco sekaligus menjadi tonggak kebangkitan Hamilton di seri-seri berikutnya.

Pembalap Muda Sensasional Belanda

Pembalap terbaik kedua jatuh kepada juara termuda F1 sepanjang sejarah asal Belanda, Max Verstappen dari Red Bull Racing (artikel). Penampilan Verstappen musim ini memang mengundang decak kagum penonton.

Pembalap berusia 19 tahun itu diyakini memiliki skill dan kapasitas yang cukup untuk bersaing dengan Hamilton hingga beberapa tahun ke depan. Bukan tidak mungkin akan menjadi kandidat kuat juara dunia. Penampilan paling berkesan Verstappen musim 2016 adalah kala harus start dari posisi 16 dan finish di podium di GP Brazil. Paling fenomenal adalah kemenangan perdana di GP Spanyol.

Rio Haryanto

Lalu, bagaimana dengan Rio Haryanto? Agak mengejutkan sebab walau di klasemen hanya berada di posisi buncit, ternyata usaha dan penampilan Rio diapresiasi cukup baik oleh para vooters. Mereka memberikan suaranya cukup baik sehingga Rio menempati posisi ke-12 dari 23 pembalap. Papan tengah dan cukup bagus untuk seorang pembalap yang berasal dari negara dengan tradisi F1 minim. Juga untuk ukuran pembalap yang hanya tampil setengah musim.

Bahkan, wartawan NBC Luke Smith mengatakan Rio tampil baik dan bersaing ketat dengan Pascal Wehrlein yang bukan merupakan pembalap sembarangan. Wehrlein adalah pembalap binaan Mercedes dan sudah lebih berpengalaman di F1 dibanding Rio.

Sayang memang, kendala dana mengancam keberlangsungan karir Rio di F1. Bahkan, musim depan Rio dipastikan tidak lagi disponsori Pertamina yang telah mendukungnya sejak 2010. Kabar terakhir di tahun 2017 ini Rio hanya akan bekerja di perusahaan Kiky milik papanya (artikel). Duh eman e rek… (karismauyy)

Best drivers of 2016 table (BBC Sport):

1 Lewis Hamilton
2 Max Verstappen
3 Nico Rosberg
4 Daniel Ricciardo
5 Fernando Alonso
6 Jenson Button
7 Kimi Raikkonen
8 Sergio Perez
9 Carlos Sainz
10 Sebastian Vettel
11 Pascal Wehrlein
12 Rio Haryanto
13 Kevin Magnussen
14 Nico Hulkenberg
15 Felipe Massa
16 Jolyon Palmer
17 Daniil Kvyat
18 Valtteri Bottas
19 Romain Grosjean
20 Esteban Ocon
21 Esteban Gutierrez
22 Marcus Ericsson
23 Felipe Nasr

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*