Reli Dakar 2017 – Etape 4: Juara Bertahan Mundur, Matthias Walkner Juara!

Reli Dakar 2017 telah menyelesaikan etape 4 yang berjarak 512 km dari San Salvador de Jujuy menuju Tupiza. Spesial stage di etape ini luar biasa panjang, 415 km bro! Bukan soal jarak saja yang menjadi tantangan berat, namun letak geografis yang berada di ketinggian 3.500 m di atas permukaan laut juga menjadi handicap terberat. Bagaimana tidak, oksigen sangat tipis, jarak tempuh sangat jauh, rute unpredictable alhasil tidak hanya skill yang menentukan, nasib baik juga harus dimiliki pembalap. Itu yang tidak dimiliki sang juara bertahan dari KTM, Toby Price.

Price tengah memimpin jalannya lomba ketika nasib buruk menghampirinya. Ia mengalami kecelakaan hebat. Kabarnya paha kiri Price patah dan memaksanya harus mundur dari reli terganas di dunia ini. Price harus merelakan gelar juaranya lepas tahun ini. Selain Price, pembalap Spanyol Armand Monson yang juga mengalami kejadian serupa. Reli Dakar memang sangat dinamis, tidak ada yang bisa menebak siapa juaranya hingga benar-benar di garis finish. Lalu, siapa juara etape 4 kali ini?

Dia adalah Matthias Walkner yang berhasil menjadi rider tercepat etape 4. Walkner adalah rekan setim Price di Red Bull KTM Factory Racing. Dalam spesial stage berjarak 415 km, Walkner menyelesaikannya dalam waktu 4 jam 57 menit 22 detik. Unggul 5 menit 58 detik dari pembalap privater Yamaha Xavier de Soultrait di tempat kedua. Finish ketiga adalah Stefan Svitko dari privater KTM.

Hasil etape 4 kali ini membuat pembalap Huqsvarna Pablo Quintanilla memimpin klasemen sementara diikuti Matthias Walkner di posisi kedua dan Stefan Svitko tempat ketiga. Sam Sunderland, Gerrard Fares Guel dan Xavier De Soultrait menyusul di posisi 4 hingga 6. Sementara itu, Joan Barreda yang mendapat penalti 1 jam merosot ke posisi 11 dengan selisih 41 menit 41 detik dari pimpinan klasemen. Etape 4 kali ini menjadi etape paling mengenaskan bagi para pembalap Monster Energy Honda Team sebab keempat pembalapnya serempak diganjar hukuman penalti 1 jam!

Hasil Etape 4 Reli Dakar 2017, Kamis (5/1):

Klasemen Sementara Hingga Etape 4:

Etape 4 memang crowded nih. RA

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*