Next R25 Akan Punya Fitur Throttle by Wire dan Keyless? HARUS!!!

Menarik membaca artikel yang ditulis rekan mariodevan soal update Next R25 yang konon katanya terjadi perubahan besar-besaran baik dari sisi desain, power hingga fitur. Jika melihat performa sang rival dimana saat ini menjadi yang terbaik di kelas sport seperempat liter, CBR250RR, memang sudah seharusnya Next R25 update habis-habisan.

Coba deh simak item berikut:

Delta Box mirip milik vixion
Air Ram Jet (mampu mendongkrak power satu biji dan letaknya ditengah moncong, seperti R1?)
Banana Arm semi Alu (kayak r15)
TBW (Throtle by Wire seperti yang dimiliki CBR 250RR)
USD lebih besar dan kekar
Ban depan 120/70
Ban belakang 160/60 terbesar di kelas 250cc!
Keyless (pertama di kelas 250cc ini)
Lampu depan pakai halogen bulet 2pcs lainnya pakai led kecuali sign masih bolam (nanggung banget)

Jika dilihat bocoran item Next R25 di atas, langkah Yamaha sudah benar (jika memang bocoran itu terealisasi). Masalah desain adalah soal selera, tidak bisa dipaksakan. Namun, salah satu nilai plus di kelas ini adalah bagaimana mendesain motor 250 cc tapi terlihat seperti moge di atas 500 cc. R25 tidak punya aura itu, Ninja 250FI yang iya banget. CBR250RR walau tidak se-moge look Ninja 250FI tapi bisa tertutupi dengan fitur dan performanya yang di atas yang lain.

Jadi, Yamaha harus kulik duluan soal desain, terutama di bagian depan, lebih khusus di area dashboard yang terlihat kopong di versi current. Selain itu dengan perubahan rangka teralis ke deltabox (jika memang benar) maka ini setingkat lebih berkelas. Tidak usah diperdebatkan soal ini, kalau kiblat diarahkan ke MotoGP semua motor juara pakai rangka deltabox atau twinspar atau sejenisnya. Yang teralis gagal total, bahkan Ducati saja pindah mahzab. Tinggal KTM yang belum meraskannya.

Pemberian suspensi upside down lebih besar rasa-rasanya hanya gimmick marketing. Dengan pengaplikasian shock usd saja sudah oke sebenarnya. Tapi, lebih besar tentu saja tidak akan sia-sia. Yang terpenting adalah pada pengaplikasian Throttle by Wire. Ini fiturnya moge yang coba diturunkan ke semi moge. Dan Honda telah sukses membuat pabrikan lain harus mengikutinya khusus di sektor ini. Yamaha mau tidak mau harus meladeninya. Tidak apa-apa dibilang nyontek, asal nyonteknya seperti Honda, nyontek dan disempurnakan. Nah, di sinilah fitur Keyless menjadi kunci. Jika fitur ini diterapkan, R25 adalah yang pertama di kelas 250 cc. Next R25 akan lebih di depan dibanding CBR250RR.

Sebenarnya ada satu lagi fitur atau bisa disebut sebagai teknologi yang dimiliki Yamaha yakni Crossplane Crankcase. Sebuah teknologi yang menjadi ciri khas R Series yang bisa menjadi senjata mematikan Next R25 untuk para rival. Namun, jika ini benar diberikan akan sulit mengatur harga jual bersaing. Namun, jika kompetitor kembali update dan upgrade kuda besi jagoannya, bukan tidak mungkin Yamaha akan nekat melakukannya. Seru, bukan? Ayolah Ninja 250FI dan CBR250RR bikin Yamaha melakukannya hehehe

Lalu, pertanyaannya apakah iya Yamaha akan menerapkan semua bocoran di atas ke Next R25? Kalau masih mau bersaing di pasar lokal, jawabnya adalah HARUS! RA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s