Kelebihan GSX-R150 Itu Performa dan Harga, Kekurangannya Ya Suzuki!

Terinspirasi dari artikelnya mas jacklintangcruisers (duh gak kurang angel kui jennenge mas kang bro? Hehehe… piss… anyway thx u bro artikelnya keren) tentang Suzuki GSX-R150 yang diversuskan dengan Next R15. Banyak yang bilang Next R15 jauh lebih ganteng (koyok pernah lihat full aja), namun si GSX-R150 bilang ganteng aja gak cukup. Nah, ini menarik ganteng vs gahar. Anggap saja Next R15 masuk golongan ganteng, GSX-R150 di kelompok gahar (performanya), kira-kira mana yang akan dimenangkan oleh konsumen?

Sebelumnya, urusan motor ganteng bin keren secara desain itu soal selera. Menurut tante x ganteng, belum tentu menurut janda sebelah ganteng. Relatif, sudut pandang dan selera menentukan. Namun, soal performa tentu saja mutlak. Ada angkanya, bisa ditest dengan metode apapun asalkan parameternya sama.

Pilih mana? Sebenarnya jika faktornya hanya dua itu, ganteng atau gahar, tanpa ada embel-embel pemanis lainnya jelas yang suka desain ganteng, pilih Next R15. Yang mendewakan performa, GSX-R150 tentu pilihan satu-satunya. Atau kalau yang suka motor ganteng dan performa gahar, beli aja dua-duanya. Tapi, di dalam menentukan sebuah pilihan pasti ada banyak faktor. Salah satunya harga.

Jika faktor harga dimasukkan ke dalam pilihan Next R15 vs GSX-R150 maka jawaban di atas akan menjadi abu-abu. Suka motor ganteng, tapi harga lebih mahal, dana terbatas, bukan tidak mungkin egonya akan motor ganteng akan disingkirkan sejenak. Ah, GSX-R150 gak jelek-jelek amat sih, lumayan lah buat nongkrong pinggir alun-alun malam minggu. Suzuki kan terkenal berkualitas kalau bikin motor. Apalagi dapat bonus performa yang ajib. Bungkus dah…

Nah, di sinilah GSX-R150 punya peluang. Suzuki sadar motor buatan mereka ini tidak se-ganteng rival (entah sadar atau tidak), selain itu nama Suzuki juga tidak semoncer Yamaha apalagi Honda, makanya mereka memberikan GSX-R150 modal utama selain performa, yakni harga yang “jauh” lebih murah. Bayangkan saja, ketika CBR150R dibanderol 32 jutaan, R15 current 31 jutaan, Next R15 (mungkin) 33 jutaan, eh si GSX-R150 malah “hanya” di bawah 30 juta, 29 koma 5 juta tepatnya. Apa gak bikin ngiler mereka yang mendambakan motorsport sarungan tapi harga masuk akal bagi kantong mereka.

Hanya memang, ada faktor lain selain desain, performa dan harga yang dalam perjalanannya cukup mempengaruhi. Akhir-akhir ini cukup banyak kabar tentang tutupnya dealer dan servis Suzuki di beberapa daerah. Jelas ini membuat calon konsumen akan berpikir ulang lagi. “Motor gw murah, motor gw kencang sangat, lah mau diservis dimana? Ada sih bengkel resmi Suzuki tapi jauh banget dari rumah”, kalau sudah begini trus piye? “Manja amat, kan ada bengkel pinggir jalan, bengkel kaki lima”. Waini… GSX-R150 injeksi lho, memangnya mereka bisa? Nah, bagaimana kalau sudah begini?

Intinya, GSX-R150 punya tiga modal utama yang bisa membuatnya bersaing, performa, harga dan Suzuki. Namun, secara bersamaan mereka juga punya dua kelemahan utama, desain dan Suzuki! Yang terakhir ini yang berat. RA

7 responses to “Kelebihan GSX-R150 Itu Performa dan Harga, Kekurangannya Ya Suzuki!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s