Cek Berita Hoax, Bisa Di Situs Ini

Aerox 155vva

Cara cek kabar hoax

Akhir-akhir ini negeri tercinta kita ini tengah ramai dengan isu berita HOAX yang konon katanya bisa memecah belah bangsa. Saking kuatirnya dengan keberadaan kabar-kabar hoax alias tipu-tipu, pemerintah sampai berencana membentuk badan anti hoax. Ada-ada saja ya…

Salah satu media penyebaran informasi Hoax adalah media sosial. Segala kemudahan yang ditawarkan media sosial untuk membagikan link-link berita makin membuat info-info hoax merajalela. Ditambah kebiasaan buruk masyarakat kita yang tidak suka baca isi konten, hanya terpengaruh dari judul saja makin memperparah kondisi. Belum lagi soal cek dan ricek informasi sebelum dibagikan, boro-boro.

Dilansir dari elshinta, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo menyarankan pengguna media sosial untuk wajib mengecek ulang informasi yang didapat sebelum membagikannya.

Cek dari mana sumber berita tersebut berasal. Bila bersumber dari media, pengguna internet dapat membuka situs resmi dewanpers.or.id untuk melihat nama media yang terdaftar di organisasi pers tersebut.

Artinya, jika ada informasi yang menarik untuk dibagikan, brosis harus melakukan cek and ricek keabsahan berita itu. Dimulai dengan melihat status si pembuat berita di dewan pers. Terdaftar tidak? Logikanya, jika sumber berita adalah dari web atau situs berita terdaftar di dewanpers, kebenarannya bisa lebih dipertanggungjawabkan, demikian sebaliknya.

Selain status pembuat berita, tidak ada salahnya brosis juga mulai sensitif dengan info-info yang disajikan di berita tersebut. Andaikan berbau kekerasan, pornografi, penghasutan atau sejenis yang bisa menimbulkan keresahan jika tersebar, sebaiknya tidak membagi atau menyebarkannya lagi. Stop sampai di brosis saja info “cacat” itu.

“Kalau menimbulkan kebencian, sebaiknya tidak usah disebarkan,” tutup pria yang biasa dipanggil Stanley itu.

Advertisements