Setahun Ngaspal, Yamaha Xabre Benar-Benar Eksotis!

Brosis, salah satu motor eksotis yang Yamaha punya di jalanan tanah air adalah Xabre. Di Thailand namanya M-Slaz, Philipina menyebutnya TFX150. Bagaimana performanya selama setahun rilis di tanah air?

Performa penjualan (distribusi) pastinya. Tapi sebelumnya, sedikit kita flashback periode yang sama tahun lalu dimana kala itu Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) akhirnya merilis motor eksotis berkubikasi 150cc. Kemudian kita mengenalnya dengan Yamaha Xabre. Tidak tanggung-tanggung YIMM mendatangkan Valentino Rossi untuk memperkenalkan Xabre ke publik. Motor eksotis karena desainnya yang tidak seperti naked sport 150cc kebanyakan.

Sebut saja dari headlamp sudah menawarkan sesuatu yang beda, belum ergonomi yang bergaya streetfighter sejati serta tentu saja bagian buntut yang pendek mengesankan motor egois bukan untuk boncenger. Semua hal unik itu diberikan Yamaha untuk konsumen setianya. Ditambah fitur ala Moge seperti swing arm banana, headlamp LED, Speedometer full LCD digital dan suspensi Upside down terlihat beda si Xabre ini.

Respon di dunia maya tentang kemunculan Xabre ini juga masuk kategori luar biasa. Hampir seluruh blogger roda dua memuji desain Xabre. Komentator juga rata-rata memberikan feedback positif dengan kehadiran Xabre. Kemudian Yamaha dengan percaya diri mematok target penjualan 5000 unit/bulan. Bukan sebuah angka yang tinggi jika dibandingkan New Vixion yang mencapai belasan ribu unit setiap bulan. Namun, dengan harga di atas 30 juta, jelas Xabre sangat sulit untuk menjadi “the next vixion”, tulang punggung sport Yamaha. Dan benar saja….

[display-posts tag=”xabre” posts_per_page=”4″]

Dari data AISI 2016 penjualan Yamaha Xabre “hanya” mencapai 20.887 unit. Apakah ini mencapai target? Jika 5.000 unit perbulan, maka seharusnya Xabre bisa terjual minimal 60.000 unit dalam setahun, namun kenyataannya Xabre “hanya” mampu mencapai 1.700an unit/bulan. Hanya sepertiga saja dari keinginan. Tapi, jika dari sisi pemilik, tentu saja kondisi itu menjadi berharga. Motor yang mereka miliki benar-benar mahluk eksotis di jalanan, eksklusif jarang ada yang sama.

-RA-

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*