Top Speed GSX-R150 Lebih Tinggi Dari YZF-R15, Wajaaarr!!!

Cukup banyak email masuk menanyakan kebenaran top speed All New R15 dan GSX-R150. Rata-rata mengaku heran dengan top speed GSX-R150 yang lebih kencang dari YZF-R15. Padahal power R15 diklaim tertinggi fi kelasnya atau berarti GSX-R150 harusnya kalah kencang. Eits… tenang, ada penjelasan logis tanpa harus melakukan tes langsung dengan unit kuda besinya. Jadi begini…

Spesifikasi Berbeda

Dari sisi spek di atas kertas, apalagi klaim pabrikan, memang benar power dan torsi All New R15 yang tertinggi. 19,3 PS vs 19,2 PS menjadi perbandingan All New R15 vs GSX-R150. R15 unggul, namun perlu diketahui bobot si kuda besi andalan Yamaha ini lebih berat sekitar 6 kg dibanding GSX-R150 (137 kg vs 131 kg). Hal ini akan berakibat pada PWR, power to weight ratio keduanya (0,141 ps/kg vs 0,146 ps/kg) yang lebih besar GSX-R150. Jelas, jika diadu di semua kondisi yang sama, GSX-R150 akan lebih unggul.

Baca Juga

Kondisi Tes

Selain spek teknis, saat sesi tes yang menghasilkan data top speed tidak resmi di atas (R15 144 kpj, GSX-R150 148 kpj) ada kondisi yang berbeda. Di sesi tes R15 para tes rider konon kabarnya masih dikawal oleh pihak Yamaha. Ini berarti para test rider tidak bisa leluasa mengeksplore kekuatan All New R15. Berbeda dengan saat sesi tes GSX-R150 yang benar-benar para test rider diberi kebebasan total untuk menggeber habis ai kuda besi. Hasil tentu saja akan berbeda.

Perbedaan Signifikan Lain

Faktor berikutnya tidak kalah menentukan adalah perbedaan kondisi saat dicapai top speed. Rider berbeda, cuaca berbeda, suhu trek berbeda, skill berbeda hingga bobot rider berbeda pasti akan menghasilkan hasil yang berbeda. Ini faktor yang tidak boleh diabaikan. Okelah kita boleh membandingkan hasil top speed kedua motor, namun dengan tanda bintang kecil di atasnya. Syarat dan ketentuan berlaku.

Baca Juga

Boleh keduanya dibandingkan, namun RA justru salut dengan kemampuan Suzuki dan Yamaha meracik kuda besi berkubikasi 150 cc hingga punya speed setinggi itu. 144-148 kpj bukanlah angka yang kecil, apalagi jika melihat habitat sport 150cc adalah di jalan raya dalam aktivitas harian user.

Konsistensi Menghasilkan Yang Terbaik

Salut untuk Suzuki yang mempertahankan mesin DOHC sebenarnya yang memang memiliki keunggulan di putaran atas, pas untuk balap. Pun demikian dengan Yamaha yang tetap setia dengan SOHC nya. Dengan pengalaman VVA di NMax, Yamaha mampu membawa All New R15 makin galak di putaran atas. Keduanya konsisten dengan ciri khasnya masing-masing sembari menyempurnakannya demi kepercayaan konsumen, tidak berpaling dari keahliannya.

RA

Iklan

8 responses to “Top Speed GSX-R150 Lebih Tinggi Dari YZF-R15, Wajaaarr!!!

  1. buat di jalan top speed jarang dipake.. keunggulan lap time juga hanya untuk di sirkuit, tetap yang dicari karakter stop n go, serta tampang…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s