Akal-Akalan Yamaha, Wingletnya Diumpetin (Winglet Ngumpet)!

Ada yang aneh dengan M1 Rossi ini?

Brosis, MotoGP 2017 sudah di depan mata. Pertarungan seru layaknya musim 2016 siap memanjakan mata penikmatnya. Pembalap yang bertarung sama, hanya beberapa dengan tim berbeda. Regulasi tidak terlalu banyak berubah, namun ada satu perbedaan mencolok yakni dilarangnya piranti penambah downforce motor bagian depan yakni sayap kecil bernama winglet di musim 2017 nanti. Eits, tapi winglet tidak akan benar-benar lenyap di musim ini, Yamaha sudah melakukannya.

Oke, tidak usah membayangkan ada sayap kecil mirip kumis lele di fairing depan motor M1. Gak bakal ada. Jangan pula membayangkan si winglet bakal berubah bentuk jadi kubus misalnya, oh tidak khayalanmu warbiyasaahhh. Para insinyur Yamaha di Iwata sepertinya sudah menemukan desain baru winglet yang tidak terlihat seperti winglet! Nah lho… nih bentuknya, bro!

Baca Juga
[display-posts tag=”motogp-2017″ posts_per_page=”3″]

Fairing kanan kiri Yamaha M1 makin gendut, winglet ngumpet

Wah, nyisip-nyisip di fairing kanan kiri M1-nya Rossi ya. Jika selama ini fairing dibuat se-kompak mungkin, se-slim mungkin demi mengejar efisiensi terpaan angin dari depan saat melaju, maka Yamaha M1 justru sebaliknya. Fairing kanan kiri M1 dibuat double layer sehingga terlihat menggelembung dibanding bagian atasnya. Concealed Winglet, Winglet Ngumpet. Wow… berfungsikah?

Kita tunggu saja komentar dua pembalap Movistar Yamaha beberapa saat ke depan. Yang jelas, akal-akalan Yamaha menghadapi regulasi anti winglet di MotoGP 2017 patut diacungi jempol. Boleh jadi, jika Yamaha sukses dengan winglet ngumpetnya ini, tinggal menunggu akan banyak fairing-fairing gendut berkeliaran di lintasan MotoGP musim ini dari kuda besi prototype yang bertarung. Satu lagi, dengan inovasi winglet ngumpet Yamaha M1 ini makin menegaskan bahwa piranti penambah downforce bagian depan motor makin sulit ditinggalkan. Candu…

RA

Credit: motogp.com, crash.net, motorsport.com

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Hari Kedua Tes MotoGP Sepang 2017: Iannone Super Kencang, Debut Winglet Ngumpet M1, Marquez Mlempem! | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*