Hari Kedua Tes MotoGP Sepang 2017: Iannone Super Kencang, Debut Winglet Ngumpet M1, Marquez Mlempem!

Suzuki GSX-RR Mengerikan di tangan Iannone

Hari kedua tes pramusim MotoGP Sepang, Malaysia dibuka dengan kondisi trek kurang mendukung. Sisa-sisa air hujan di malam harinya masih membasahi lintasan. Alhasil, tidak banyak pembalap yang mau ngaspal. Paling hanya Jorge Lorenzo dan Michael Pirro yang sempat turun itupun hanya 2 lap dan tidak mencatatkan waktu. Baru, 2 jam setelah sesi dibuka para pembalap mulai keroyokan turun ke lintasan. Kondisi trek mulai kering.

Pembalap Monster Tech 3 Johann Zarco menjadi pembalap yang rajin keluar masuk pit dengan M1-nya. Catatan waktu yang diraihnya termasuk impresif. Zarco menjadi rookie paling mentereng di sesi kali ini. Raihan waktu 2 menit 0,343 detik membuatnya menjadi tercepat kelima.

Yang mencuri perhatian adalah Valentino Rossi, maksudnya M1-nya yang nampak sedikit berbeda. Fairing kanan kiri M1 Rossi terlihat lebih berisi, cembung keluar, dan ternyata itu adalah winglet ngumpet (concealed winglet). Inovasi terkini dari Yamaha untuk mengakali regulasi pelarangan winglet (artikel). Dengan winglet ngumpetnya, Rossi sukses finish keempat dengan 2 menit 0,254 detik.

Debut winglet ngumpet a la Yamaha M1

Baca Juga
[display-posts tag=”motogp-2017″ posts_per_page=”4″]

Posisi ketiga hadir dari kejutan Alvaro Bautista. Pembalap Pull&Bear Aspar Team sukses menjadi pembalap Ducati sekaligus pembalap satelit tercepat kali ini. Bautista mencatat waktu terbaik 2 menit 0,219 detik. Di hari pertama tes, Bautista juga sangat cepat dan mampu masuk top 5. Semoga ini bukan hanya kejutan sesaat saja agar persaingan makin seru.

Pembalap tercepat kedua hari ini adalah pengganti Jorge Lorenzo di Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Vinales yang juga menggunakan winglet ngumpet di 35 menit akhir tes makin menunjukkan potensi nya untuk bertarung di level juara. Vinales sukses menembus waktu di bawah 2 menit untuk mengitari Sepang. Catatan waktunya 1 menit 59,893 detik. Laptime ini diraihnya kala menggunakan winglet ngumpet.

Andrea Iannone penantang serius titel juara dunia MotoGP 2017?

Dan, inilah pembalap terkencang di hari kedua winter test MotoGP Sepang 2017, Andrea Iannone. Wow… di bawah bendera Suzuki Ecstar dan motor tunggangan GSX-RR, Iannone melaku sangat kencang. Best laptimenya 1 menit 59,452 detik! Iannone mengaku sasis GSX-RR sangat sangat nyaman untuk melahap tikungan demi tikungan di Sepang. Iannone tinggal menjaga konsistensinya di lintasan agar bisa bersaing di perebutan gelar juara dunia. Biar MotoGP makin seru gitu.
Selain top 5 pembalap tercepat di atas, dimanakah posisi pembalap-pembalap alien lainnya. Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa? Ketiganya cukup bekerja keras mencari set up terbaik si kuda besi tunggangan. Jorge Lorenzo nampaknya benar-benar memanfaatkan tes kali ini sebagai proses adaptasi. Lorenzo menjadi pembalap paling banyak mengitari lintasan sepang. Terpuruk di hari pertama, Lorenzo akhirnya berhasil menembus posisi top 10 tepatnya di posisi 8 dengan catatan waktu 2 menit 0,484 detik hanya terpaut 0,043 detik dari rekannya Andrea Dovizioso di posisi ketujuh.

Marc Marquez belum menemukan set up terbaik di RC213V

Marc Marquez membuntuti Lorenzo di posisi 9. Catatan waktu terbaik Marquez di hari kedua ini adalah 2 menit 0,531 detik. Tidak jelek-jelek amat tapi juga tidak impresif untuk pembalap sekaliber Marquez. Ia mengakui hari kedua tes bukanlah harinya. Motor RC213V masih terus dicari set up terbaiknya. Paling terpuruk ya si Dani Pedrosa. Pedrosa tidak mampu menembus top 10 dan hanya berkutat di posisi 13! Ada apa dengan Honda? Namun, mengaca pada musim lalu, Duo Honda memang meraih hasil kurang memuaskan di sesi tes Sepang, namun malah mendominasi di kejuaraan. Marquez menjadi kartu As.

Hari kedua tes menjadi hari buruk bagi pembalap Spanyol Tito Rabat. Ia mengalami crash hebat di T7 dan mengharuskannya si bawa ke Rumah Sakit di Spanyol. Rabat mengalami cedera di beberapa tempat yakni di pinggul dan lutut kiri. Selain Rabat, Danilo Petrucci juga sempat crash namun berunrung masih dideclare ok.

Apa kabar pembalap tercepat di hari pertama? Ducati mengkonfirmasi Casey Stoner tidak ngaspal di hari kedua. Ia mengamati dan menganalisa Ducati Lorenzo dan Dovi dari pit. Di hari ketiga hari ini Stoner akan kembali jajal lintasan.

Berikut hasil lengkap Hari Kedua Tes Pramusim MotoGP Sepang 2017:

RA

Credit: tmcblog.com, motogp.com, crash.net, motorsport.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*