Putusan Kartel Honda-Yamaha Untungkan Suzuki!

Akhirnya Komisi Pengawas Persaingan Usahan (KPPU) memutuskan Honda dan Yamaha bersalah atas dugaan kongkalikong penentuan harga jual motor matik 110-125 cc. Yup, KPPU telah memutuskan Honda dan Yamaha bersalah dan dijatuhi denda puluhan miliar Rupiah. Keputusan ini tentu saja sedikit banyak akan merugikan nama besar Honda dan Yamaha di segmen skutik. Minimal kepercayaan konsumen menjadi berkurang. Nah, di titik ini tentu saja merupakan kesempatan emas bagi pabrikan lain untuk mengambil keuntungan, sebut saja Suzuki.

Seperti kita ketahui selama ini segmen skutik menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda dan Yamaha. Hanya dua pabrikan itu yang mendominasi pasar. Suzuki mati suri walaupun punya produk di segmen ini. Nah, dengan kasus yang menimpa Honda dan Yamaha ini adalah celah bagi Suzuki untuk mencuri perhatian konsumen dengan memberikan alternatif produk di skutik kelas 110-125 cc dengan harga di bawah harga jual skutik Honda dan Yamaha.

Konsumen akan merasa produk yang mereka beli selama ini adalah overpriced alias dibohongi. Sehingga mereka akan mulai mencari alternatif skutik lain yang harganya masuk akal. Di sini adalah kesempatan emas bagi Suzuki tebar pesona.


Segera diproduksi skutik baru 125 cc untuk mendampingi Address. Berikan harga yang di bawah harga jual skutik Honda dan Yamaha. Sebut saja 2 juta di bawah mereka. Tapi jangan lupa value fitur dan performa minimal harus sama dengan rival. Jika itu sudah dilakukan Suzuki, bolehlah mereka berharap untuk bisa meraup simpati konsumen.
Apalagi tahun ini Suzuki sudah mencanangkan untuk bangkit bersaing dengan saudara Jepangnya Honda dan Yamaha. Momen emas sekecil apapun harus disambar demi mendongkrak penjualan. Ayo Suzuki, putusan kartel adalah peluang emas untuk mencuri perhatian konsumen.

RA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s