FP1 MotoGP Qatar 2017: Vinales Belum Terbendung!

MotoGP musim 2017 resmi dimulai hari ini, Kamis (23/3) melalui Free Practice 1 (FP1) di Sirkuit Losail, Qatar. Sesi latihan bebas pertama yang berlangsung Kamis hingga Jumat dini hari waktu Indonesia barat menjadi ajang adu kencang dua pembalap muda Spanyol dari dua tim berbeda, Maverick Vinales Yamaha dan Marc Marquez Honda.

Hasilnya, pembalap anyar Yamaha Maverick Vinales kembali sukses mempecundangi Marquez sang juara bertahan MotoGP. Vinales yang di empat tes pramusim selalu menjadi yang tercepat kembali menjadi yang tercepat di FP1 Qatar. Best laptime Vinales adalah 1m 54,316s sedangkan Marquez membuntuti di posisi kedua dengan 1m 54,912. Lebih dari 0,5 detik gap keduanya di sesi pembuka ini.

Performa Vinales memang tengah moncer musim ini. Skill, talenta dan ambisi juara ditopang oleh motor yang kencang menjadikan Vinales seperti tidak tersentuh. Ambisi Vinales untuk membuktikan Yamaha tidak salah merekrutnya makin besar ketika lawan yang harus ditaklukkan adalah “musuh” bebuyutan sejak masa anak-anak, Marc Marquez.

Posisi ketiga cukup mengejutkan ditempati oleh Dani Pedrosa. Pedrosa yang dalam 3 musim terakhir tenggelam oleh bayang-bayang Marquez berhasil menyodok ke depan. Best laptimenya adalah 1m 55,210s. Kejutan berikutnya adalah pemilik posisi keempat. Bukan Lorenzo, Dovizioso atau Rossi melainkan rookie Tech 3 Jonas Folger. Mengendarai Yamaha M1 edisi 2016, Folger meneruskan catatan impresifnya sepanjang pramusim dengan menempati posisi keempat dengan 1m 55,587s. Folger mengungguli pembalap anyar Ducati, Jorge Lorenzo di posisi kelima.

Dimanakah posisi Valentino Rossi? Sama dengan saat pramusim, Rossi masih kesulitan menembus top 3 dan di FP1 kali ini hanya berada di posisi 9. Sebenarnya tidak aneh melihat Rossi di posisinya saat ini jika melongok performa the doctor sepanjang FP1. Tapi, ini seperti tidak ada progress signifikan sejak tes pramusim. Rossi masih kurang cepat. Best laptime juara dunia 9 kali itu hanya 1m 55,799s menempatkannya di posisi 7. Tertinggal nyaris 1,5 detik dari Vinales. Wow…

Bagaimana dengan kabar para pembalap Suzuki? Duet Andrea Iannone dan Alex Rins nampaknya harus bekerja lebih keras lagi jika masih ingin bersaing di papan atas. Iannone hanya di posisi 13 (1m 56,027s) dan Rins di posisi 18 (1m 56,502s). Suzuki GSX-RR belum kembali ke performa terbaiknya kala masih dibesut Vinales musim lalu.

Sementara itu di top 10, kejutan juga dihadirkan oleh Loris Baz yang bisa finish keenam tercepat. Johann Zarco juga sukses menembus top 10 di posisi ke-8 tepat di depan Rossi. Aprilia juga mulai menunjukkan progress bagus bersama Aleix Espargaro. Kakak dari Pol Espargaro itu menjadi pembalap tercepat ke-10 dengan 1m 56,872s.

Berikut hasil FP1 Qatar 2017:

RA

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*