Kini, Vinales Telah Sejajar Rossi dan Stoner!


Maverick Vinales meraih kemenangan dalam debutnya berasama Yamaha di seri pembuka MotoGP Qatar 2017. Ini adalah kemenangan kedua Top Gun di kelas premier MotoGP sejak melakoni debut tahun 2015 silam. Hebatnya, Vinales menjadi pembalap kelima yang bisa menang bersama dua tim pabrikan berbeda.

Kini, Vinales sejajar dengan Valentino Rossi, Max Biaggi, Casey Stoner dan Andrea Dovizioso yang mampu menang dengan dua motor berbeda tipe atau pabrikan.

Vinales melakoni debut MotoGP tahun 2015 bersama tim baru tapi lama Suzuki Ecstar. Di musim pertamanya itu, Vinales belum berhasil memenangi balapan, posisi terbaiknya hanya finish ke-6 di Catalunya dan Australia. Gelar rookie of the year 2015 direngkuhnya setelah di akhir musim berada di posisi 12 klasemen pembalap dengan 97 poin.

Di musim keduanya bersama Suzuki Vinales makin menunjukkan potensinya. Empat kali podium berhasil diraihnya dengan puncaknya finish pertama di seri Silverstone, Inggris. Tahun ini, saat pindah ke Yamaha baru seri perdana Qatar sudah langsung menang.

Capaian Vinales ini sudah lebih dulu dilakoni empat pembalap lainnya, dengan dua diantaranya masih aktif hingga kini dan menjadi rival langsung di lintasan, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Dovi, sebelum menjadi ikon Ducati pernah berseragam Orange khas Repsol Honda. Bergabung dengan Honda sejak 2008 hingga 2011 Dovi pernah sekali menang di Seri Inggris. Kemudian sekali lagi menang tahun lalu di Sepang, Malaysia bersama Ducati.

Rossi memulai debut kelas premier 500cc tahun 2000 bersama Repsol Honda. Empat tahun kebersamaan dengan Honda, Rossi total meraih 33 kali kemenangan. Saat pindah ke Yamaha Rossi menambahnya lagi 55 kali kemenangan. Sayang, andaikan saat pindah ke Ducati bisa sekali saja menang maka Ia akan menjadi pemenang dengan 3 motor berbeda.

Dua pembalap lain adalah Casey Stoner dan Max Biaggi. Dua pembalap ini juga pernah menang dengan dua motor berbeda. Dari 38 total kemenangan di kelas premier, 15 kali Stoner melakukannya bersama Honda dan sisanya saat bersama Ducati dengan masing-masing 1 titel juara dunia.

Sempat menjadi musuh bebuyutan Rossi baik di lintasan maupun di luar, Max Biaggi ternyata juga pernah menang dengan dua tim berbeda. Bersama Honda, tim pertamanya di kelas 500cc, Biaggi menang 2 kali dan total 5 kali meraih kemenangan bersama Honda. Sisanya sebanyam 8 kali dilakukannya saat bergabung dengan Yamaha. Sayang, sepanjang karirnya di MotoGP Biaggi tidak pernah merasakan titel juara di kelas premier. Paling banter runner up tahun 2001 bersama Yamaha.

Pembalap MotoGP Yang Pernah Menang Dengan Dua Motor Berbeda*:

  • Valentino Rossi – Honda 33; Yamaha 55
  • Casey Stoner – Honda 15; Ducati 23
  • Max Biaggi – Honda 5; Yamaha 8
  • Andrea Dovizioso – Honda 1; Ducati 1
  • Maverick Vinales – Suzuki 1; Yamaha 1

* hingga seri Qatar 2017

Pencapaian Rossi, Dovi dan Vinales masih bisa terus bertambah. Performa ketiga pembalap ini masih sangat mungkin untuk kembali menambah koleksi kemenangannya. Khusus Vinales, peluang menambah kemenangan sangat terbuka lebar jika konsistensi seperti yang ditunjukkan di Qatar kemarin bisa dipertahankan.

RA

Credit: motogp.com, wikipedia.com

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*