Terkait Keputusan Alonso Ke Indy 500, Hamilton: "Saya Tidak Akan Absen Satu Seripun Di Formula 1"

Keputusan mengejutkan Fernando Alonso yang meninggalkan GP Monako dan memilih membalap di ajang Indy 500 tidak luput dari perhatian seorang Lewis Hamilton. Secara umum Hamilton mendukung keputusan Alonso walaupun dirinya tidak mau meninggalkan satu seripun di Formula 1.

Jadwal yang bentrok antara GP Monako dan Indy 500 memaksa Alonso untuk memilih salah satu. Dan jelas, Indy 500 telah dipilihnya demi mengejar ambisi pribadinya yakni merengkuh gelar ‘triple crown’ di dunia balap autosport. Bagaimana Hamilton melihat keputusan Alonso ini?

“Alonso adalah salah satu pembalap terbaik di dunia. Mungkin Ia akan menjadi pembalap terbaik di paddock Indy 500 nantinya. Namun, Ia juga sangat minim pengalaman di sana”, ungkap Hamilton.

Hamilton merasa keputusan seorang pembalap F1 untuk ikut serta di ajang balap lain adalah hal yang harus didukung. Bahkan, Ia menyebut sudah seharusnya pembalap F1 diberi kesempatan untuk ikut balapan lain selama si pembalap mampu melakukannya.

Namun, Ia mengaku dirinya tidak akan melewatkan satu seripun di balap F1 dan ikut serta di ajang balap lain, namun begitu Ia mendukung keputusan Alonso. Hamilton penasaran akan seperti apa nasib Alonso di Indy 500 yang merupakan balapan di sirkuit berbentuk oval itu.

Hamilton penasaran dengan kemampuan adaptasi Alonso di Indy 500 nanti sebab perbedaannya dengan F1 sangat besar. Walaupun bentuk mobil mirip dengan F1, namun teknik balapnya sangat berbeda. Bentuk lintasan menjadi perbedaan utama.

“Tentu karakter (balapannya) sangat jauh, jauh sekali perbedaannya. Dari set-up, banking, berapa banyak anda mengangkat pedal gas, berapa banyak ban yang anda gunakan, tentu banyak hal yang harus dipelajari dalam jangka waktu singkat”, ujar Hamilton merujuk pada waktu adaptasi Alonso yang cukup singkat dengan Indy 500.

Jenson Button

Lewis Hamilton juga berharap McLaren akan memanggil kembali Jenson Button untuk menggantikan Alonso di Monako nanti. Button masih terikat kontrak dengan McLaren sehingga menjadi kabdidat kuat menggantikan kursi Alonso. Namun, McLaren sejauh ini belum mengumumkan siapa pengganti Alonso.

Hamilton dan Button sama-sama berkewarganegaraan Inggris dan pernah menjadi duet saat di McLaren tahun 2010-2012.

-RA-

Credit: motorsport.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*