Kalahkan Duo Mercedes, Sebastian Vettel Raih Kemenangan Keduanya Musim Ini di Bahrain

Sebastian Vettel memenangi duel seru dengan Lewis Hamilton di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (16/4). Sedangkan Valtteri Bottas melengkapi podium di posisi ketiga.

Pertarungan Vettel vs duo Mercedes sebenarnya berakhir antiklimaks bagi Hamilton dan Bottas. Nama terakhir merupakan pole sitter bahkan harus memberikan jalan bagi Hamilton untuk mengejar Vettel.

Semua berawal dari insiden pembalap Williams Lance Stroll yang bertabrakan dengan Pembalap Torro Rosso Carlos Sainz jr. Insiden keduanya memaksa safety car masuk ke trek. Beberapa pembalap akhirnya memutuskan masuk pit, termasuk Bottas dan Hamilton. Karena banyaknya serpihan dari kecelakaan tersebut, mobil Safety Car turun ke trek. Mercedes menerapkan pitstop ‘double stack’ (satu tim melakukan dua pitstop dalam waktu yang singkat).

Agar Hamilton tidak kehilangan waktu karena menunggu penggantian ban mobil Bottas, juara dunia tiga kali tersebut memperlambat laju mobilnya secara drastis saat menuju pit dan membuat laju Ricciardo tertahan.

Namun pit stop yang lambat untuk Bottas membuat Hamilton turun di belakang Red Bull, dan ketika ia bisa segera melewati Ricciardo setelah balapan di lanjutkan kembali. Hamiton langsung mendapatkan hukuman penalti tambahan waktu selama lima detik.

Karena tertunda pitstop yang dilakukan Bottas, posisi Hamilton diambil alih oleh Ricciardo. Bottas pun juga kehilangan posisi pimpinan balapan setelah diambil alih Vettel.

Sementara itu, Vettel dan Ferrari berjudi dengan melakukan pit stop di awal lomba atau lap 11 dengan mengganti ban soft ke supersoft. Sebuah perjudian yang berhasil. Setelah Bottas melakukan pit kedua di lap 31, Vettel melakukan pit stop keduanya di lap 35. Keduanya memakai ban soft.

Hamilton menjalani hukuman lima detik saat melakukan pitstop keduanya dan yang terakhir. Pembalap Inggris Raya itu memasang kompon Soft pada putaran ke-42 dan kembali bergabung ke trek di posisi ketiga, di belakang Bottas.

10 lap jelang finish Mercedes melakukan team order dan memerintahkan Bottas memberi jalan pada Hamilton untuk mengejar Vettel. Bottas melakukan perintah itu. Sempat memperpendek gap menjadi 8 detik dari Vettel, Hamilton akhirnya hanya bisa finish 6,6 detik di belakang Vettel sang pemenang. Bottas meraih podium ketiga.

Sementara itu Kimi Raikkonen masih juga belum berhasil naik podium dan hanya finish keempat tepat di depan Daniel Ricciardo. Felippe Massa, Sergio Perez, Romain Grosjean, Nico Hulkenberg dan Esteban Ocon berturut-turut menempati posisi 6 sampai 10. Performa cukup impresif ditunjukkan Pascal Wehrlein yang finish di posisi 11.

-RA-
Credit: motorsport.com, formula1.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s