CBR250RR Terus Menurun, Ninja 250FI Makin Jumawa!

Gaung Honda CBR250RR perlahan makin menghilang. Walau banyak mendapat review positif (sangat positif malah) ternyata penjualan juga gak positif-positif amat. Sempat melonjak di bulan-bulan awal peluncuran, kini CBR250R terus dipukul balik oleh sang raja, Ninja 250!

Sepanjang Maret 2017 ini penjualan CBR250RR kembali kalah dari Ninja 250FI, berulang seperti bulan sebelumnya. Padahal di Januari penjualan CBR250RR begitu jauh meninggalkan Ninja 250FI, lebih dari dua kali lipat. Apakah CBR250RR telah melewati masa spike layaknya motor-motor baru? Bisa jadi.

Entah apa yang membuat Ninja 250 begitu digdaya, padahal dari sisi performa dan fitur jauh ketinggalan dari CBR250RR. Bicara desain juga relatif imbang, bahkan CBR250RR cenderung lebih agresif dengan banyak sudut di bodinya. Nama besar Ninja? Sepertinya memang nama besar Ninja begitu sulit ditaklukkan, sulit dihapus dari mindset konsumen bahwa motorsport fairing ya Ninja. Sama halnya motor ya Honda.

Tren terus merosotnya daya serap pasar terhadap CBR250RR mirip dengan yang dialami R25 di awal-awal peluncurannya beberapa tahun silam. Melonjak di bulan-bulan awal, selanjutnya terus merosot hingga mencapai kisaran angka 100 unit perbulan. Beruntung, R25 masih punya lahan lain bernama ekspor yang bisa tetap membasahi kantong Yamaha. Lha, CBR250RR? Ah, tapi Honda kan sudah banyak unggul dari BeAT dan Vario? Ya kalau mau hitung-hitungan kuantitas keseluruhan okelah jauh banget unggulnya, tapi ini soal prestise di kelas sport. Kelas yang banyak dihuni konsumen-konsumen melek motor, melek teknologi dan melek gaya. Mosok mau mainan motor matik mulu.

Namun, makin terpuruknya CBR250RR dan belum juga diupdatenya R25 bisa menjadi preseden buruk bagi konsumen lho. Masih ingat, ketika CBR250RR hadir dan langsung menyalip penjualan Ninja 250 segera muncul desas-desus kemunculan Ninja 250 4 silinder atau kabar soal rencana Kawasaki akan segera mengupdate Ninja 250FI. Nah, ketika sekarang kondisi kembali seperti semula dimana Ninja masih juga unggul, Kawasaki jelas masih adem ayem dong. Motor kalah segalanya saja masih menang di penjualan, buat apa diupdate hehehee… alhasil, usia Ninja 250FI current akan makin panjang, inovasi gak jalan, dan konsumen akan mendapat motor itu lagi-itu lagi.

-RA-

Credit: aripitstop.com

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*