Pertarungan Matik 150 cc, Vario Ungguli Duo NMax-Aerox

Selain segmen sport, baik 150 cc maupun 250 cc, dan bebek super, membandingkan matik 150 cc juga cukup menarik nih bro. Di kelas ini ada 4 produk, 3 maxi skutik dan 1 skutik biasa. Siapa pemenangnya?

Data penjualan matik 150 cc selama periode Januari – Maret 2017:

  1. Honda Vario 150: 110.904 unit
  2. Yamaha Nmax 155: 50.655 unit
  3. Yamaha Aerox 155: 24.850 unit (februari-maret)
  4. Honda PCX 150: 1992 unit

Vario 150 yang masuk kategori skutik atau matik kebanyakan menjadi matik yang paling diterima masyarakat. Selain paling murah, Vario 150, juga telah mewakili keinginan masyarakat kebanyakan. Dek rata yang lebih fungsionalitas untuk aktivitas harian, dimensi bodi yang pas tidak kegedean atau kekecilan serta performa yang sudah lebih dari cukup untuk kegiatan commuter menjadi senjata penakluk hati para konsumen. Desain yang simpel menjadi kekuatan utama Vario 150.

Di sisi lain, maxi skutik dari Yamaha, NMax dan Aerox, hadir sebagai alternatif pilihan masyarakat yang tidak mau matik itu-itu saja. Bodi yang gambot dengan desain anti mainstream bisa dijadikan pilihan tidak hanya sekedar motor harian namun lebih ke gaya hidup. Tapi, matik begini bukanlah untuk seluruh umur dan gender. Ukuran fisik rata-rata masyarakat yang masuk kategori imut menjadi salah satu penghambat moncernya NMax atau Aerox walaupun ini masih bisa diperdebatkan juga. Satu lagi, dek menonjol (tidak rata) di dua maxi skutik ini masih dianggap tidak bisa menandingi fungsionalitas dek rata.

Sedangkan, PCX kendala utamanya adalah soal banderol akibat dari statusnya yang CBU. Pembeli PCX dijamin dari masyarakat ekonomi mapan yang telah memiliki satu motor sebelumnya atau sudah punya mobil. Jadi, lebih ke sebagai hobby. Tak heran kalau daya serap pasarnya paling kecil.

Jadi, pada prinsipnya sebenarnya membandingkan maxi skutik dengan Vario 150 tidaklah apple to apple. Yang bisa dibenarkan dari keempatnya hanyalah soal kubikasi yang mirip-mirip. Tapi, sekali lagi tidak salah juga membandingkan mereka, sebab memang tidak ada aturan yang melarangnya. Sama halnya membandingkan bebek super dengan ayago, boleh banget hehehe
-RA-

Iklan

2 responses to “Pertarungan Matik 150 cc, Vario Ungguli Duo NMax-Aerox

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s