Vixion Juga Kepayahan Lawan Anak Bawang, Sedih!

Yamaha Vixion memang legenda naked sport 150 di tanah air. Sepak terjangnya sejak pertama kali diluncurkan sekitar 10 tahun silam begitu fenomenal. Namun, lain dulu lain sekarang. Jika dulu New Vixion begitu jumawa di atas, kini kondisinya berbeda. New Vixion begitu ringkih, rapuh dan sudah tidak bertaji lagi. Selain ngos-ngosan menghadapi motor murah macam Verza, kini musuh baru sudah berhasil mengangkanginya. GSX-S150 sudah berhasil menyalip penjualan (distribusi) sang legenda.

Jangankan menghadapi sang musuh bebuyutan, CB150R, menghadapi anak bawang sekelas GSX-S150 saja sudah kepayahan. Yamaha Vixion memang sudah waktunya mendapat suntikan asa baru, pergantian rupa dan bodi serta suasana baru agar konsumen tidak lagi terus menerus bosan. Kehadiran rival baru plus makin bertajinya rival lawas menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi Yamaha.

Makin berat ketika sosok update Vixion baru yang dilempar ke khalayak lewat spyshotspyshot tak diakui mendapat respon negatif. Memang, Yamaha biasa mendapat respon negatif ketika memperkenalkan motor barunya, termasuk saat demam lampu sinchan pada New Vixion Lightning awal kemunculan, tapi akhirnya tetap laris. Namun, untuk sosok vixion baru (spyshot) sepertinya respon yang diberikan berbeda. Sama-sama negatif namun auranya lebih tidak bisa diterima yang sekarang.

Ke depan, lawan vixion baru tidak lagi hanya Honda CB150R yang makin gaya, tapi juga siap-siap menghadapi kebangkitan total Suzuki lewat GSX-S150. Suzuki nampaknya tidak mau setengah-setengah dengan kebangkitannya ini. Terbukti, ketika Honda dan Yamaha membedakan performa naked bike dan fairing bike 150 ccnya, Suzuki justru memberikan dua produk yang sama persis untuk urusan performa. Belum lagi harga yang menjadi kekuatan utama Suzuki saat ini. Harga yang jauh di bawah banderol sang rival mampu menjadi mood booster bagi konsumen untuk minimal meliriknya dan kemudian membelinya. Jika selama ini Yamaha hanya tinggal memikirkan adu fitur atau adu ganteng dengan Honda, kini satu lagi “masalah” yang diberikan Suzuki; adu murah! Bisa?

Akhir-akhir ini Yamaha sepertinya lebih senang dengan membuka segmen baru, bermain di blue ocean zone tanpa pesaing. NMax dan Aerox menjadi contoh. Andaikan vixion baru akan segera di hadirkan, tirulah strategi yang dilakukan pada All New R15. Berani head to head dengan memberikan bekal “senjata” luar biasa pada si kuda besi. Walau hanya “SOHC” namun plus-plusnya bikin ngiler. VVA, assist & slipper clutch, suspensi usd, desain a la moge, menjadikan All New R15 sangat value untuk dimiliki. Dan, itu yang harus dilakukan juga untuk vixion baru. Ingat, naked sport 150 masih menjadi pendulang angka terbesar selama ini dibanding fairing version.

Jadi, kalau mau mengejar CB150R sekaligus menghabisi GSX-S150, vixion baru harus total, habis-habisan sekalian. Satu lagi, sosok vixion baru yang beredar di spyshot selama ini sebaiknya dirombak lagi deh. Asli, itu bukan hanya soal kosmetik yang belum dipasang sehingga terlihat jelek, tapi memang jelek semuanya. Aneh juga Yamaha yang selama ini biasanya selalu revolusioner untuk upgrade produk barunya, koq di Vixion baru ini malah terkesan tambal sana sini.

-RA-

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*