Byson vs New Megapro: Persaingan Tanpa Greget Dari Si 'Anak Tiri'

Bicara persaingan Vixion dan CB150R di kelas sport 150 tidak akan lepas dari membahas persaingan sang adipati pengawal keduanya, Byson dan New Megapro. Dua motor yang disiapkan dua pabrikan besar di tanah air ini sebagai pendamping jualan utama, saat ini ternyata memiliki nasib yang mirip, hidup enggan matipun tak mau.

Sama-sama dirilis akhir tahun 2010, Yamaha Byson dan Honda New Megapro digadang-gadang akan menjadi story sukses berikutnya dari sport Yamaha dan sport Honda. Respon konsumen atas kehadiran motor ala moge Yamaha kala itu bernama Byson, desain se sangar body hewan Byson memang, sungguh luar biasa.

Minat konsumen yang besar seperti biasa, tidak diimbangi kemampuan produksi yang juga besar dari Yamaha. Alhasil, inden mengular hingga 5 bulan! Bahkan, ada yang mengatakan 7 bulan. Pengalaman RA sendiri yang kala itu ada rencana meminang Byson harus menunggu 5 bulan hanya untuk mendapatkan 1 unit Byson tanpa bisa memilih warna.

Sayang, perlahan tapi pasti seiring makin tingginya popularitas dan permintaan Vixion, Yamaha mulai hanya fokus ke motor terlarisnya itu. Imbasnya, Byson dianaktirikan. Tidak banyak ubahan yang diberikan Yamaha terhadap Byson, bahkan promosi di sana-sini yang terdengar dan terlihat hanya Vixion. Byson menuju kematian gara-gara orang tuanya sendiri yang pilih kasih.

Hingga akhirnya ketika Yamaha mulai melirik lagi si anak hilang, dengan memberinya upgrade sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Tapi, langkah ini pulalah yang makin memastikan penurunan Byson. Tidak ada yang salah dengan sistem injeksinya, kesalahan Yamaha adalah terlalu India Sentris. Tongkrongan Byson yang dari awal sudah moge banget, justru diubah menjadi lebih sporty. Sudut tajam di sana-sini yang justru menghilangkan kesan mogenya. Habis sudah kesan moge Byson, habis pula kepercayaan konsumen terhadap si Byson. Ditambah perhatian Yamaha masih sama seperti sebelumnya, Byson hanyalah anak tiri. Komplit, Byson hanya tinggal menunggu keputusan suntik mati saja nih.

Data penjualan (distribusi) terkini Yamaha Byson di bulan Maret 2017 seakan melegalkan Yanaha untuk menyuntik mati mantan “moge” nya itu. Bayangkan saja hanya ada 25 unit Byson yang didistribusikan sepanjang 31 hari di bulan Maret. Ini tidak sampai 1 unit/hari. Padahal di tahun 2010 hanya dari September-Desember Yamaha mampu menjual Byson hingga 23 ribuan unit atau sekitar 5 ribuan unit/bulan! Puncaknya di tahun 2012 Yamaha mampu mendistribusikan Byson hingga 10 ribuan/bulan. Praktis setelah itu Byson menuju kematiannya.

Cerita mirip juga terjadi pada “teman bermain” Byson yakni Honda New Megapro. Dengan embel-embel membangkitkan klan GL Series, New Megapro lahir desain yang sebenarnya biasa, Honda banget, alias kebapakan. Motor yang lebih menawarkan kenyamanan riding a la motor cruiser, bukan motor sport atau street fighter seperti Byson. Ya, kala itu Honda masih sulit lepas dari pakem desain ala bapak-bapaknya.

Tapi, biar bagaimanapun ini produk Honda. Nama besar Honda adalah jaminan laris. Konsumen setia selalu menunggu dan membeli produk brand fanatiknya. Selalu ada permisivitas atas desain Honda. Di Maret 2011 New Megapro sudah mampu terjual 17 ribuan unit! Sebuah angka yang bahkan tidak pernah tercapai oleh Byson. New Megapro lebih laris dari Byson. Itu fakta.

Namun, seiring perjalanan waktu. Ambisi Honda yang begitu tinggi untuk mengalahkan sport Yamaha, khususnya Vixion membuat mereka sedikit mengurangi perhatian terhadap New Megapro. Fokus dialihkan ke produk baru CB150R. Disinilah nasib buruk New Megapro dimulai. Honda full fokus ke CB150R plus sang fairing CBR150R.

Dua kali facelift besar-besaran CB150R hingga menjadi seperti sekarang hanya diselingi update sekali pemberian sistem injeksi New Megapro. Kehadiran New Megapro FI mirip dengan Byson FI, hanya sebatas mengugurkan kewajiban menginjeksikan seluruh produknya. Tak lebih.

Inovasi dan promosi mandeg. Perlahan dan pasti New Megapro FI makin ditinggalkan. Data AISI terbaru Maret 2017 New Megapro FI hanya terjual 261 unit! Wow… dari 17 ribuan menuju 200 an unit saja. Dunia otomotif memang sudah berubah. Motor sport dengan performa nanggung dan desain un-sporty sudah ditinggalkan. Motor-motor agresif menjadi tren terbaru.

Yamaha Byson dan New Megapro adalah contoh anak yang kurang kasih sayang hahahahaha… udahan yuk ah

-RA-

Advertisements

9 Comments

  1. mumpung ada artikel byson, bisa tolong minta gambar rangka byson fi ga om? penasaran aja apa sama kayak byson karbu atau ada improvement trutama ditengah sama engine mountingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*