Want to Sell: Ducati! Minat?


Skandal emisi mesin diesel yang menimpa Volkswagen (VW) Grup bikin pabrikan asal Jerman itu babak belur. Dampaknya, mereka harus menjual salah satu anak perusahaanya untuk menutupi kerugian yang mencapai puluhan triliun Rupiah itu. Kabarnya, anak perusahaan yang akan dilepas itu adalah Ducati!

What? Ducati? Bukannya VW Grup baru beberapa tahun ini mengakuisisi produsen motor asal Italia itu? Koq sudah mau dijual? Kenapa tidak yang lain sih? Hahahaha… tenang bro. VW memilih Ducati untuk dilepas karena punya alasan kuat.

Tahun lalu, VW Grup mengalami kerugian sekitar 26 miliar Dollar AS atau sekitar 33 triliun Rupiah. Busyet dah… buat beli krupuk bisa sebangsa setanah air tuh. Nah, diantara beberapa anak perusahaan VW Grup, Ducati dinilai memiliki nilai jual yang paling tinggi atau setidaknya bisa mengurangi kerugian paling besar.

Diakuisisi tahun 2012 lalu, VW Grup mengeluarkan dana sekitar 1,5 miliar Dollar AS dan sejak saat itu penjualan Ducati makin menunjukkan progress positif. Saat ini nilai Ducati diperkirakan sudah naik hampir dua kali lipat. Oleh karena itu, VW Grup berusaha menawarkan Ducati ke publik dengan banderol 2,2 miliar Dollar AS atau sekitar 28 triliun Rupiah.

Dilema bagi VW sebenarnya. Ducati yang makin gemilang di sisi penjualan merupakan sumber pemasukan namun jika tidak dijual kerugian akan tidak bisa tertutupi. Ayo siapa yang mau beli Ducati tuh… (ra)

Advertisements

4 Comments

  1. sayang mahal ya… tpi kayaknya chinese brand berani bayar tuh, secara ducati dijual otomatis paten teknologinya bisa diambil untuk dijual lagi atau dipelajari. ini sudah trjadi sama saab dan volvo yg dibeli geely (klo ga salah.. pokoknya chinese juga) biar safety mobil mreka tembus euro ncap yg trkenal sulit…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*