Klasemen MotoGP 2017 Pasca Jerez, Rossi Masih Memimpin


Yamaha kembali meraih hasil kurang maksimal di seri keempat MotoGP Spanyol 2017 di Sirkuit Jerez. Performa sang juara bertahan di Jerez musim lalu, Valentino Rossi sangat buruk. Maverick Vinales masih lebih baik namun tetap tidak maksimal. Nyaris semua sektor Yamaha tidak berjalan semestinya. Satu-satunya yang masih bisa dibanggakan adalah Rossi dan Vinales masih memimpin klasemen.

Tambahan 6 poin hasil finish ke-10 Rossi masih membawa pembalap berusia 38 tahun itu memimpin klasemen. Namun kali ini gap dengan posisi kedua dan ketiga makin tipis. Vinales yang menempati posisi kedua mendapat tambahan 10 poin dari finish keenam mendekatkan gap menjadi hanya 2 poin dari Rossi. Rossi kini mengumpulkan 62 poin, Vinales 60 poin.

Pun demikian dengan Marquez. Tambahan 20 poin membawanya ke posisi 3 dengan jarak hanya 4 poin dari Rossi yakni 58 poin. Dani Pedrosa yang sempurna sepanjang akhir pekan di Jerez ini menambah 25 poin dan berada di posisi empat dengan 52 poin. 4 pembalap teratas hanya dipisahkan maksimal 10 poin. Persaingan makin seru dan ketat.

Bagaimana dengan Lorenzo? Finish ketiga di Jerez atau tambahan 16 poin membawanya ke posisi 9 dengan 28 poin. Terpaut jauh dengan empat pembalap teratas, namun podium pertamanya bersama Ducati ini plus penampilan impresif saat race membuat percaya dirinya kembali dan kita akan menyaksikan Lorenzo seperti saat masih di Yamaha, cepat dan konsisten. Semoga

Johann Zarco menjadi rookie terbaik sejauh ini. Bahkan dengan 35 poin pembalap Prancis ini sekaligus menjadi pembalap independen terbaik menggeser Cal Crutchlow yang gagal finish di Jerez tahun ini. Posisi Zarco di peringkat 6 tepat di atas Crutchlow yang mendulang 29 poin. Jonas Folger menjadi rookie sekaligus pembalap independen terbaik kedua dengan 29 poin juga.

Sementara itu, pembalap Aprilia Sam Lowes menjadi satu-satunya pembalap reguler MotoGP musim ini yang belum meraih satupun poin. Lowes harus kerja ekstra keras nih, soalnya sang partner, Aleix Espargaro sudah punya 17 poin.

Berikut Klasemen Sementara MotoGP usai Seri keempat Jerez:


Seri kelima akan dilangsungkan di Le Mans, Prancis 21 Mei mendatang. Posisi klasemen sangat terbuka lebar untuk berubah apalagi jika performa Yamaha masih belum juga membaik sangat rentan digeser sang rival Honda. (ra)

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*