Hasil Tes Jerez 2017: Vinales Tercepat, Rossi ke-21

Sesuai jadwal yang telah dirilis, para pembalap MotoGP melanjutkan aksinya usai balapan di hari Minggu dengan melakukan tes resmi di sirkuit yang sama, Jerez, Senin (8/5). Hampir seluruh pembalap reguler plus penguji turun kecuali pembalap dari Aspar Tim yang memilih absen.

Hasilnya, Maverick Vinales yang saat race Minggu hanya menempati posisi keenam akibat kekurangan daya cengkram ban depan di M1-nya menjadi yang tercepat dengan 1:38,635. Catatan waktu ini lebih cepat 1,6 detik dari best laptime Vinales saat race Minggu kemarin. Vinales mencatat best laptime tersebut di putaran ke-23 dari total 84 lap yang dijalaninya.

Sedangkan, rekan setim Vinales di Movistar Yamaha, Valentino Rossi hanya menempati posisi 21. Rossi memang hanya fokus ke sasis baru yang diuji ke M1 sehingga tidak fokus ke laptime.

Juara dunia bertahan, Marc Marquez, berada di posisi kedua hanya terpaut 0,002 detik dari Vinales. Runner up race kemarin ini menguji knalpot baru di RC213V nya. Catatan waktu 1:38,637 dicetaknya di putaran ke-26 dari 96 lap. Jumlah lap Marquez terbanyak di sesi kali ini.

Juara Jerez akhir pekan lalu, Dani Pedrosa, menempati posisi ketiga dengan 1:38,716 atau hanya berselisih 0,081 detik dari Vinales. Hasil impresif kembali ditorehkan Aleix Espargaro dengan Aprilia RS-GP yang berhasil merengsek ke posisi empat hanya terpaut 0,364 dari pemuncak sesi.

Posisi 5 dan 6 menjadi milik duo Ducati. Andrea Dovizioso lebih cepat 0,094 detik dari Jorge Lorenzo yang mencatat waktu 1:39,124. Tidak ada part baru yang dicoba oleh pabrikan dari Borgo Panigale ini, mereka fokus ke ban.

Sementara itu, Cal Crutchlow yang di balapan kemarin gagal finish kali ini turun menguji knalpot baru, elektronik dan suspensi belakang. Hasilnya, pembalap Inggris ini tercepat ke-7 dengan 1:39,319.

Tes kali ini juga diikuti pembalap penguji Suzuki sekaligus pengganti Alez Rins di seri Jerez kemarin, Takuya Tsuda. Tsuda mencatat waktu 1:40,163. Tsuda lebih cepat dari calon pengganti Rins di Le Mans besok yakni Sylvain Guintoli yang menempati posisi buncit dengan 1:41,260.

Tes berlangsung selama 8 jam. Para pembalap menguji kompon baru ban hard Michelin yang lebih kaku (stiff). Ban yang sebelumnya telah di uji di Valencia akhir musim lalu. Sayang, setelah itu ban tipe ini tidak digunakan lagi di tes pramusim akibat diprotes pembalap karena menimbulkan vibrasi berlebih di bagian depan motor. Kali ini kembali diuji setelah hasil buruj terkait ban yang dialami sejumlah tim terutama Yamaha akhir pekan lalu.

Hasil Tes MotoGP Jerez, Senin (8/5):

(ra)

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*