Problem Yamaha Kesalahan Michelin? Vinales: “Saya Tidak Bisa Bilang”

Vinales saat tes resmi Jerez, Senin (8/5)

Performa drop Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Jerez akhir pekan kemarin menimbulkan tanda tanya. Bagaimana mungkin Yamaha yang begitu kompetitif di Jerez selama beberapa tahun terakhir menjadi pecundang tahun ini. Menanggapi kenyataan buruk itu, Vinales punya jawabannya.

Baik Rossi maupun Vinales memang terlihat bermasalah sejak latihan bebas Jumat. Yamaha M1 tidak segalak biasanya. Mereka sangat keteteran dengan performa pembalap-pembalap Honda. Namun, sebenanrya di kualifikasi hasil yang diraih Rossi dan Vinales tidak buruk-buruk amat. Bahkan cenderung meningkat. Rossi posisi 7, Vinales ke-4. Tidak spektakuler tapi juga tidak seburuk saat latihan bebas.

Ditambah hasil warm up yang sangat menjanjikan (Vinales tercepat) rasa optimis makin menggelora. Vinales optimis bisa bersaing ketat dengan Pedrosa dan Marquez di depan. Rossi juga masih menatap podium satu dengan niat yang besar.

Sayang, harapan demi harapan di kualifikasi menjadi musnah. Rossi yang biasanya ‘the sunday rider’ mengingat performanya yang menggila saat race Minggu, ternyata justru berbalik 180°. Sempat naik ke posisi 5 usai Cal Crutchlow crash, perlahan tapi pasti Rossi makin melorot. Hingga akhirnya hanya finish ke-10.

Vinales sendiri masih lebih baik tapi juga bermasalah sepanjang race. Vinales mengaku tidak bisa nyaman dengan sektor pengereman depan. Ban menjadi biang kerok permasalahan itu. Ban depan di M1 Rossi dan Vinales sangat abrasif ketika usai balap diperlihatkan. Khususnya di bagian kiri. Hal yang akhirnya membuat bagian depan motor spinning alias getar-getar.

“Saya punya perasaan bagus saat sesi pemanasan, saya merasa — mungkin saya bisa melakukannya, saya bisa start dan bertarung dengan Dani dan Marc dan bertarung sampai akhir. Namun, balam balapan saya kehilangan feeling dengan ban depan motor,” jelas Vinales.

Ketika ditanya apakah Michelin menjadi penyebab semua masalah yang menimpa dirinya dan tim Yamaha di Jerez?

“Saya tidak bisa bilang”, tutup Vinales.

Waduh, sebenarnya tanpa ditanyapun pernyataan Vinales di atas sudah menjawab akar masalahnya ya. Ban. Ban apa? Hadeuh… masih nanya juga. Mosok Swallow? Wkwkwkkw(tm)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*