NJKB New Vixion R Mepet Tipe Standar, Banderol Mepet Jugakah?

Dua Versi All New Vixion

Lagi ramai tebak-tebak buah manggis eh harga All New Vixion tipe R yang NJKB nya baru terekspose di dunia blogsphere. Biasa, jadi kepo semua gara-gara pas peluncuran kemarin di IIMS 2017 Yamaha tidak merilis harga jualnya. Padahal tipe Standar sudah dibuka lebar-lebar banderolnya. Emang berapa sih banderol All New Vixion R?

Diketahui kalau Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) All New Vixion R adalah 20,3 juta. Sedangkan All New Vixion Standar 19,5 juta. Ada selisih 800 ribu antara NJKB keduanya. Nah, banderol All New Vixion Standar adalah 26 juta OTR Jakarta, apakah banderol All New Vixion R akan menjadi 26,8 juta? Kalau secara matematis sih iya, tapi tentu saja tidak akan semudah itu menentukannya.

Yamaha tentu saja punya pertimbangan A, B, C hingga Z untuk menaruh titik harga Vixion R. Sebut saja misalnya status Vixion R yang menjadi flagship naked 150 cc Yamaha ke depan. Tentu saja banderol akan lebih tinggi dari tipe standar. Belum lagi Yamaha harus mempertimbangkan nasib atau kelangsungan pasar Vixion standar yang jika selisih dengan tipe R di bawah 1 juta sangat besar kemungkinan Vixion Standar akan mati. Siapapun akan ambil tipe R, hanya nambah maksimal 1 juta misalnya. Lalu, berapa dong banderol Vixion R?

Jawabannya jelas Yamaha sendiri yang tahu persis. Kalau berharapnya sih tidak lebih dari 2 juta lebih tinggi dari tipe standar. Perbedaan kedua tipe ini antara lain ada tidaknya VVA yang imbasnya tentu saja ke performa, ukuran ban yang mendongkrak penampilan dan beberapa bagian kecil lainnya. Wajar jika selisih keduanya mencapai 2 juta, tapi ada yang harus diingat oleh Yamaha di sini.

Saat ini, market naked sport 150 sudah dikuasai Honda dengan CB150R-nya. Tentu saja merebut pasar itu tidak mudah. Yamaha harus jeli membanderol Vixion R. Saat ini banderol CB150R adalah 26,4 juta untuk varian tertinggi alias selisih 400 ribu saja dari Vixion standar. Inilah titik krusial Vixion R. Jika Vixion R dibanderol di atas 29 juta misalnya apalagi tembus 30 juta, berat rasanya untuk merebut hati konsumen lagi. Sebab, impresi awal desain Vixion R dan Standar sudah di bawah ekspektasi publik. Desain Vixion R tidak menawarkan sesuatu yang baru khas Yamaha saat meluncurkan motor baru, lebih sekedar update minor pada bagian desain.

Andaikan Yamaha mau sedikit ‘berkorban’ dengan ambil margin keuntungan tipis untuk Vixion R ini, misalnya dijual 27 juta, bolehlah berharap tahta sport akan mereka rebut lagi. Ingat, di segmen ini saat sekarang ada GSX-S150 yang dibanderol luar biasa ‘kejam’ bagi para rival, 23 jutaan untuk sport naked 150 bermesin DOHC Overbore, apa gak ‘kurang ajar’ tuh.

NJKB New Vixion R (BK6-R MT)

Jadi, berapa dong harga Vixion R? Sudahlah gak usah dipikirkan, tunggu saja rilis resmi Yamaha beberapa waktu ke depan. Kabarnya, Vixion R akan mulai dijual bulan Juli, artinya sebelum itu pasti sudah ada harga resminya. Berharapnya sih 27 jutaan, walaupun belum tentu akan beli juga sih hahahaha… (ra)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*