Vinales Lengkapi Sejarah 500 Yamaha, Ito The Pioneer!

Maverick Vinales sumbang kemenangan ke-500 Yamaha di debut kelimanya

Vinales Lengkapi Sejarah 500 Yamaha, Fumio The Pioneer! Kemenangan Maverick Vinales di Le Mans terasa sangat spesial. Selain memenangi duel head to head dengan sang idola, Valentino Rossi hingga lap terakhir, kemenangan tersebut juga menjadi yang ke-500 bagi pabrikan Yamaha di seluruh ajang balap Grand Prix.

Dua kemenangan Vinales di dua seri pembuka musim ini menjadi kemenangan ke-498 dan 499. Jadi, sejak seri ketiga Austin kemenangan ke-500 sudah menjadi incaran punggawa Movistar Yamaha. Sayang, performa Yamaha di seri itu plus Jerez menjadikan penantian itu makin panjang. Prancis menjadi next target. Peluang cukup besar sebab di kualifikasi tiga pembalap Yamaha ada di front row dipimpin Vinales.

Pertarungan di Le Mans menyajikan laga paling seru hingga seri kelima. Johann Zarco sebagai pembalap Yamaha Independen memberikan performa terbaiknya, Valentino Rossi kesetanan hingga membuatnya melakukan kesalahan fatal dan semuanya diakhiri dengan senyum paling manis dari seorang Vinales. Yup, Vinales-lah yang mencatatkan namanya di buku sejarah Yamaha Racing. Kemenangan ke-500 pabrikan Iwata tercatat atas nama Maverick Vinales, Spaniard yang baru menyumbangkan 3 kemenangan sejak bergabung awal musim ini.

Sejarah 500 Yamaha

Jauh sebelum Vinales mencatatkan namanya di buku rekor Yamaha, seorang Jepang menjadi pioneer sejarah panjang 500 Yamaha. Dia adalah Fumio Ito. Ito mencatatkan diri sebagai pembalap pertama Yamaha yang meraih kemenangan di balapan Grand Prix yakni di kelas 250cc tahun 1963. Ito melakukannya di GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps di usia 24 tahun. Sayang, karir Ito meredup pasca alami crash saat pra musim tahun 1964. Ito meninggal tahun 1991 dalam usia 52 tahun!

Fumio Ito Yamaha pertama persembahkan kemenangan

Kemenangan Ito menjadi katalis untuk kemenangan-kemenangan berikutnya di seluruh kelas yang dipertandingkan yakni 125cc, 250cc, 350cc dan 500cc. Yamaha pernah menang di semua kelas itu.

Kejayaan Yamaha tercatat di tahun 1973-1974. Melalui dua pembalapnya kala itu, Jarno Saarinen dan Hideo Kanaya, Yamaha total meraih 27 kemenangan.

Jarno Saarinen dan Hideo Kanaya

Di era MotoGP sejak tahun 2003, Yamaha kembali menambah koleksi kemenangan. Jumlahnya tidak sedikit dan diantaranya 104 kemenangan dipersembahkan pembalap-pembalap yang mungkin bagi penggemar balap MotoGP tidak asing dengan nama-nama itu. Sebut saja, Max Biaggi, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan tentu saja Maverick Vinales. Rossi masih menjadi yang terbanyak menyumbang kemenangan dengan 55 kali, Lorenzo yang telah pindah ke Ducati awal musim ini menyumbang 44 kali kemenangan dalam kurun waktu 8 tahun pengabdiannya.

Valentino Rossi sumbang 55 kemenangan untuk Yamaha

Sementara itu, lintasan paling banyak ditaklukkan Yamaha yaitu Assen, Belanda 36 kali dan Brno 32 kali.

Vinales memang baru menyumbang 3 kali kemenangan bagi Yamaha, namun itu diraihnya hanya dari 5 kali balapan. Dan bisa dipastikan jumlah itu masih akan terus berkembang setelah melihat performa pembalap berusia 22 tahun itu di awal musim ini. Bukan tidak mungkin jika terus konsisten, angka 600 kemenangan selanjutnya juga masih atas nama Vinales.

Jadi, selamat untuk kemenangan ke-500 Yamaha dan selamat untuk Vinales calon bintang Yamaha selanjutnya. Vinales Lengkapi Sejarah 500 Yamaha, Fumio The Pioneer!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*