Vettel Menangi GP Monaco, Ferrari Finish 1-2

Vettel Menangi GP Monaco, Ferrari Finish 1-2. Rada telat nih bro angkat beritanya. Agak basi sih tapi gpp lah buat nambah-nambah arsip dan konsistensi ulasan tentang Formula 1 di blog apa adanya ini. Yup, Grand Prix (GP) Formula 1 musim ini baru saja menyelesaikan seri keenam yang berlangsung di Monte Carlo, Monaco. Balapan jalan raya khas Monaco masih menarik untuk disaksikan dan diikuti. Untuk musim ini, juaranya adalah Ferrari melalui Sebastian Vettel. Ferrari finish 1-2 setelah Kimi Raikkonen finish kedua.

Start GP Monaco, Duo Ferrari Memimpin

Ferrari memang terlihat superior tahun ini di Monaco. Tanda-tanda itu sudah terlihat sejak sesi latihan bebas hari pertama. Di latihan bebas pertama (FP1) memang Lewis Hamilton menjadi yang tercepat namun ada Sebastian Vettel di posisi dua. Di sesi ini laptime Vettel hanya berjarak 0,196 detik dari Hamilton.

FP1

Ferrari kemudian menggebrak di sesi latihan bebas kedua (FP2). Vettel memimpin sesi ini dengan best lap time yang super kencang 1:12,720. Laptime ini menjadikan Vettel satu-satunya pembalap yang menembus barrier 1:12. Posisi kedua ditempati pembalap Red Bull Daniel Ricciardo dengan gap 0,487 detik! Tanda-tanda superioritas Ferrari mulai terlihat di sesi ini.

FP2

Kemudian keperkasaan Ferrari makin terlihat di sesi kualifikasi. Sesi ini dibagi menjadi 3 sesi dengan sistem gugur bagi 5 pembalap terlambat di tiap sesinya. Tiap sesi berlangsung 15 menit.

Di Q1, Duo Ferrari ada di posisi kedua dan ketiga tapi itu sudah lebih dari cukup untuk lolos ke Q2. Posisi Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas sebagai rival utama hanya di posisi 10 dan 5. Tapi keduanya juga lolos ke Q2. Tercepat di sesi ini adalah Max Verstappen pembalap muda menjanjikan dari Red Bull, dan Ricciardo mengapit duo Ferrari di posisi keempat.

Q1

Di Q2, Ferrari makin dominan. Kimi Raikkonen menunjukkan kelasnya sebagai pembalap yang pernah juara dunia. Ia lebih cepat dari Vettel yang menempati posisi kedua. Ya, dua pembalap Ferrari tercepat di sesi ini mengalahkan Verstappen, Bottas dan Ricciardo. Hamilton? Runner up musim lalu itu menjalani performa terburuknya musim ini yakni hanya menempati posisi 14 alias gagal melaju ke Q3. Top 10 pembalap tercepat Q2 melaju ke Q3.

Q2

Di sesi terakhir ini pole position menjadi tujuan semua pembalap. Tapi, Ferrari seperti sudah menemukan set up yang pas untuk menaklukkan sirkuit jalan raya ini. Terbukti, akhirnya Raikkonen merebut pole untuk pertama kalinya setelah 9 tahun dan 129 races. Pole keenam sepanjang berseragam merah Ferrari. Posisi start kedua ditempati Vettel. Ferrari start 1-2 untuk pertama kalinya musim ini.

Q3

Race

Akhirnya, balapan GP Monaco salah satu GP tersulit di F1, mungkin yang paling sulit, dihelat Minggu (28/5). Start front row ditempati mobil merah nomor 7 dan 5, Raikkonen dan Vettel memimpin race. Lampu start dipadamkan, seluruh mobil melaju menuju tikungan pertama. Raikkonen berhasil mempertahankan posisinya di depan. Di Monaco dalam kondisi normal memang mustahil nelakukan overtaking. Posisi kedua juga masih dihuni Vettel. Bottas tiga, Verstappen dan Ricciardo 4-5.

Selepas start menuju tikungan 1, posisi tidak berubah

Raikkonen memimpin hingga lap 35 dimana pembalap Finlandia itu masuk pit stop. Saat keluar Ia masih berada di posisi 3 dimana dua pembalap di depannya masih belum melakukan pit stop, salah satunya Vettel. Vettel masuk pit di lap 39 dan saat keluar pit Ia berhasil tetap berada di depan Raikkonen yang ada di posisi dua.

Sejak saat itu, peluang Raikkonen untuk menang mulai menipis. Vettel sangat piawai menjaga posisinya di depan. Sedangkan, di lap-lap akhir Raikkonen justru mendapat tekanan dari Ricciardo yang terus membuntutinya dengan sangat dekat. Safety car sempat keluar ketika balapan menyisakan 12 lap akibat crash yang menimpa Pascal Wehrlein.

https://twitter.com/F1/status/868849004599103489

Berkat safety car, posisi pembalap menjadi rapat kembali. Vettel-Raikkonen-Ricciardo-Bottas-Verstappen menunggu kesempatan bendera hijau dikibarkan untuk menyerang. Ketika hal itu terjadi, ternyata dua Ferrari di depan masih bisa mempertahankan posisinya hingga bendera finish di kibarkan.

Balapan 78 lap GP Monaco akhirnya menjadi milik Vettel dan Ferrari. Vettel meraih kemenangan diikuti Raikkonen dan posisi ketiga ada Ricciardo dari Red Bull. Hamilton? Lumayan walau start dari posisi 13 namun berhasil finish ketujuh.

https://twitter.com/F1/status/868826183332442115

Kemenangan ini membuat posisi Vettel di puncak klasemen pembalap makin nyaman. Ia saat ini memiliki gap 25 poin dari Hamilton di tempat kedua. Sementara itu, Raikkonen ada di posisi keempat dengan 67 poin lebih sedikit 8 poin dari Bottas di posisi ketiga. Duo Red Bull di tempat kelima dan enam.

Kemenangan Vettel di Monaco merupakan yang kedua sepanjang karirnya di F1 dan ke-45 total kemenangan yang telah diraihnya. Bagi Ferrari, finish 1-2 ini menjadi yang pertama setelah terakhir mereka lakukan tahun 2010 di GP Jerman kala Fernando Alonso mengalahkan Felippe Massa.

Selamat Vettel, Selamat Ferrari. Vettel Menangi GP Monaco, Ferrari Finish 1-2

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*