15 Pelaku Begal Ditangkap di Bandung, Diduga Anggota Geng XTC

15 Pelaku Begal Ditangkap di Bandung, Diduga Anggota Geng XTC. Tindak kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas) makin marak, hal tersebut bisa kita lihat dari keberhasilan Polrestabes Bandung yang menangkap 15 pelaku curas yang beroperasi di wilayah Kota Bandung. Penangkapan pelaku curas dilakukan berdasarkan laporan masyarakat terkait curas yang terjadi secara berturut-turut sejak tanggal 15 – 20 Mei 2017.

Jajaran Satuan Reserse Polrestabes Bandung berhasil menangkap 15 pelaku curas alias begal menurut Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo merupakan anggota geng motor XTC yang berkeliaran di Kota Bandung. Dari ke-15 pelaku, 5 diantara dewasa dan sisanya anak-anak di bawah umur.

Modusnya, sebelum beraksi mereka terlebih dahulu menenggak minuman keras di Taman Radio. Kemudian sekitar pukul 02.30 WIB mereka mulai mencari korban yang sedang melintas di jalan sepi.

“Saat beraksi mereka tidak menggunakan atribut XTC nya. Minum minuman keras dulu di Taman Radio, kemudian dengan rombongan 10 motor mereka bergerak mencari sasaran dengan melakukan pemukulan, kekerasan hingga pembacokan. Mereka beroperasi hingga menjelang subuh,” terang Hendro.

“Motifnya ingin mengambil barang seperti handphone, lalu memepet korbannya sambil melakukan tindak kekerasan. Motif lainnya kami sedang dalami. Untuk handphone sudah dijual sementara motor berhasil disita. Para pelaku akan dijerat pasal 365 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara,” tandasnya.

Mereka berhasil ditangkap pada 21 Mei lalu saat beraksi di sebuah SPBU Garuda. Dari pelaku, disita sejumlah barang bukti seperti tujuh unit sepeda motor dan sejumlah senjata tajam. Sementara barang hasil curiannya, seperti handphone sudah dijual para pelaku.

DPP XTC Membantah Anggotanya Terlibat

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat XTC Indonesia membantah keras jika pelaku curas yang diamankan jajaran satreskirm Polrestabes Bandung pada 21 Mei 2017 kemarin merupakan anggotanya.

“Tadi ada pengurus yang datang ke Polrestabes. Pihak kepolsian juga belum bisa menentukan anggota kami. Kami juga ingin menemui siapa pelakunya karena saat ini masih dalam proses penyelidikan,” ujar Ketua Bidang Humas dan Infokom DPP XTC Indonesia Reza Icha seperti dikutip dari PRFMNews, Selasa (30/5).

Reza mengakui, para oknum pelaku curas memang kerap menggunakan identitas anggota XTC dalam melancarkan kasinya. Padahal yang bersangkutan tidak memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA). Lebih lanjut ia pun turut menyesalkan jika atribut XTC ini diperjualbelikan secara bebas sehingga sering dipergunakan dengan tidak semestinya.

Brosis, sekedar saran nih dengan maraknya begal atau pencurian dengan kekerasan apalagi mendekati hari raya lebaran begini, kita tingkatkan kewaspadaan diri. Hindari keluar malam jika memang tidak penting banget. Kalaupun keluar, jangan sendirian ajak teman. Semoga keluarga kita dijauhkan dari mara bahaya dan diselamatkan dari kerasnya kehidupan di dunia ini. Perbanyak ibadah, dekatkan diri pada Sang Khalik sebab hanya kepadaNYAlah kita berpasrah. Amin.

15 Pelaku Begal Ditangkap di Bandung, Diduga Anggota Geng XTC.

Sumber: prfmnews.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*