Baru Seumur Jagung Suzuki Sudah Siapkan Desain Baru GSX Series, Kejar Margin?

Baru Seumur Jagung Suzuki Sudah Siapkan Desain Baru GSX Series, Kejar Margin? Suzuki roda dua lagi happening banget nih bro. Penyebabnya tidak lain adalah kesuksesan racikan sport 150cc mereka, GSX series. GSX-R150 dan GSX-S150 memang sukses menghipnotis pecinta motorsport tanah air. Desain yang simpel, performa khas mesin DOHC Overbore plus pricing strategy yang luar biasa kejam mampu mengalihkan perhatian pecinta motorsport 150cc yang selama ini selalu dijejali pemain lama seperti CBR150R dan R15. Tapi, kabar terkini yang berhembus Suzuki sudah punya planning untuk merombak total GSX Seriesnya. Nah lho, baru juga seumur jagung sudah mau dirombak?

Setidaknya, itulah isu yang dihembuskan blog lawas yang selama ini memiliki akurasi keakuratan beritanya hingga di atas 90% mendekati kebenaran, mygoldmachine.wordpress.com alias mindgenesis.

MG yang terkenal dengan salam uhuynya itu menyebut bahwa informan yang menurutnya sangat bisa dipercaya mengatakan bahwa Suzuki Indonesia tengah menggodok rencana merombak total penampilan GSX Series, terutama pada sisi desain bodi. Ketika disinggung soal usia GSX Series yang baru seumur jagung, MG menyebut bahwa Suzuki Indonesia saat ini sudah berbeda dengan paradigma lama. Suzuki saat ini lebih mendengar masukan atau apa yang menjadi keinginan pasar.

Tapi, memang ada benarnya juga jika Suzuki berniat merombak tampilan GSX 150cc-nya. Sebab, walaupun saat ini penerimaan pasar relatif baik, namun kenyataannya hal itu tidak langsung serta merta menjadikan GSX-R150 dan GSX-S150 menjadi pemimpin pasar. Bahkan, Data AISI April kemarin menunjukkan bahwa GSX-R150 masih kalah dari CBR150R bahkan dari All New R150. Pun demikian dengan GSX-S150 dimana posisinya juga tidak aman-aman banget. New CB150R masih terlalu tangguh, All New Vixion standar dan R juga belum seluruhnya total didistribusikan, masih ada kemungkinan GSX-S150 menduduki posisi buncit penjualan.

Desain GSX-R150 ini masih oke sih, kalaupun mau diupgrade tinggal nambah fitur

Masih menurut MG, Suzuki saat ini sadar bahwa ‘modal’ jualan mereka pada GSX Series 150cc adalah pada performa dan harga, selebihnya nothing. Jadi, ke depan Suzuki berusaha menyaingi para rival dengan satu ‘modal’ lainnya yakni desain. Dan selama ini faktor desain tidak jarang memegang peranan penting dibalik keputusan konsumen dalam memilih produk motorsport. Suzuki sadar itu. Bisa jadi, Suzuki belajar dari Satria F150 Injeksi yang secara performa menang dari rivalnya, namun di penjualan tetap saja kalah. Intinya, Suzuki akan menambah value GSX Series 150cc dari sisi desain.

Menurut penilaian pribadi RA, sebenarnya secara desain GSX-R150 masih bisa bejaban dengan CBR150R dan All New R15. Bahkan, beberapa blogger papan atas menyebut desain GSX-R150 mewakili pure motorsport. Tidak neko-neko alias simpel. Tapi, mungkin yang agak mengganjal adalah desain GSX-S150. Pertama bagian headlamp yang sebenarnya unik tapi justru karena keunikannya ini menjadi segmented, tidak semua orang suka. Kedua, desain buritan yang sangat nungging. Walaupun namanya sport, namun pada kenyataannya naked sport 150 adalah motor daily use, motor harian dengan fungsi sangat banyak, salah satunya membawa boncenger yang bisa jadi itu adalah orang tua kita ketika minta antar ke pasar. Kebayang bukan bagaimana susahnya ibu-ibu 50 tahunan naik motor nungging. Okelah, untuk versi fairing desain racy, full sport bisa diaplikasikan namun, untuk naked sport heemm… pikir lagi deh.

Sebenarnya, selain desain Suzuki juga harus mulai memikirkan value lain bernama fitur. Sebut saja suspensi USD pada All New R15 yang terlihat begitu superior dibanding CBR150R dan GSX-R150. Belum lagi soal assist & slipper clutch yang walaupun banyak mencibir hanya sebagai gimmick marketing alias tidaklah terlalu dibutuhkan di motor 150cc, namun tetap saja menjadi penting saat jualan. Swing arm banana dan beberapa fitur lainnya memang memang sudah harus mulai dijejalkan di New GSX Series 150cc. Dan jika itu sudah terjadi, bukan tidak mungkin harga jual GSX Series 150cc tidak lagi semiring sekarang. Bisa 11-12 lah dengan rival-rivalnya. Ya, Suzuki butuh margin keuntungan yang besar jugalah setelah di awal-awal pencanangan kebangkitannya saat ini ‘bersakit-sakit’ dahulu dengan ‘asal balik modal sudah cukup’.

Atau, brosis ada pendapat lain? Silahkan diskusi. Menarik ini… Baru Seumur Jagung Suzuki Sudah Siapkan Desain Baru GSX Series, Kejar Margin?

Advertisements

5 Comments

  1. Suzuki motor udah tau kalau All New R15 lebih bagus, keren, kaya fitur, moge look, kenceng dan irit,..makanya GSX R150 mau dirombak….kalah strategi dari Yamaha…

  2. GsxS aja jok belakang dimanusiawikan layak erogonomi (ahlinya belajar ke bmw knapa) mau ambil ngak jadi karena jok blkg ngak mau modif maunya, bajaj rada lumayan tahu pikson baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*