Hari Pertama MotoGP Italia 2017: Crutchlow Tercepat, Ducati Mendominasi, Honda-Yamaha Slow

Hari Pertama MotoGP Italia 2017: Crutchlow Tercepat, Ducati Mendominasi, Honda-Yamaha Slow. MotoGP Italia di Sirkuit Mugello telah dimulai, Jumat (2/6/17). Sesi latohan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) telah usai dilaksanakan beberapa jam yang lalu. Andrea Dovizioso dan Cal Cruthclow bergantian menjadi yang tercepat, tapi secara laptime keseluruhan Crutchlow menjadi yang tercepat di hari pertama.

Latihan Bebas Pertama

FP1 dimulai pagi waktu setempat atau sore wib. Di sesi ini rombongan motor tuan rumah, Ducati mendominasi top 10. Tercatat ada 5 motor Ducati yang menguasai pembalap tercepat. Andrea Dovizioso, Michele Pirro, Hector Barbera, Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci menjadi wakil Ducati di depan. Dari lima Ducati, 4 diantaranya adalah Desmosedici GP17. Hanya Barbera yang menggunakan Desmo GP16. Luar biasa.

Dovi tampil tercepat dengan best laptime 1:47,394. Posisi kedua menjadi milik Pirro. Pembalap wild card Ducati ini hanya berjarak 0,201 detik dari Dovi. Sedangkan posisi ketiga menjadi teritori pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Sementara itu Barbera, Lorenzo dan Petrucci berturut-turut di posisi 5-7. Posisi 4 menjadi milik rookie paling gemilang sejauh ini, Johann Zarco.

Top 10 dilengkapi oleh Marc Marquez (P9) dan Cal Crutchlow (P10). Kemanakah Valentino Rossi?

The doctor yang masih belum fit 100% hanya berada di posisi 15. Hasil yang lumayan melihat apa yang telah dialaminya pekan lalu. Bahkan, di sesi ini Rossi terlihat sering memegang dadanya. Kesakitan sepertinya masih mendera akibat crash saat berlatih motorcross itu. Kabarnya Yamaha akan mengevaluasi kondisi Rossi di Jumat ini, apakah lanjut atau istirahat alias absen sesi-sesi berikutnya demi pemulihan.

Latihan Bebas Kedua

Sementara itu, FP2 yang dihelat sore waktu Italia atau malam wib menghadirkan Cal Crutchlow sebagaiyang tercepat.

Di sesi ini masih ada 5 Ducati di top 10, namun Lorenzo terlempar dan digantikan Alvaro Bautista. Jadi, ada 3 Desmo GP17 dan 2 Desmo GP16 di 10 pembalap tercepat FP2. Ducati memang masih mendominasi, namun untuk yang tercepat mereka harus mengakui Honda RC213V Crutchlow. Walau begitu, Ducati masih jumawa dengan menempatkan Dovi di posisi 2. Gap keduanya hanua 0,161 detik. Crutchlow teecepat dengan 1:47,365. Berarti secara kombinasi FP1 dan FP2, Crutchlow menjadi yang tercepat diikuti Dovizioso.

Yang menarik di sesi ini, dua rookie Yamaha Tech 3, Zarco dan Folger menyodok ke depan. Keduanya berurutan menempati posisi 3 dan 4. Bahkan, keduanya masih jauh lebih baik dari dua pembalap utama Yamaha, Rossi dan Vinales. Rossi yang di FP1 ada di posisi 15 kali ini sedikit lebih baik di posisi 12 dan Vinales drop dari posisi 3 ke 13 di FP2. Bahkan, Vinales harus mengalami crash di tikungan 9 dan penyebabnya lagi-lagi ban depan M1-nya yang tiba-tiba lost grip. Misteri.

https://twitter.com/MotoGP/status/870616129676296192

Duo Repsol Honda dimana? Dani Pedrosa menjadi yang terbaik dibanding Marquez. Pedrosa menempati posisi kelima di FP2, meningkat dibanding FP1 saat di posisi 13. Marquez hanya ada di posisi 14. Ternyata Marquez memang fokus ke pencarian set up terbaik untuk balap dan tidak menggunakan ban soft sama sekali sepanjang sesi. Padahal, pembalap yang mengejar best lap time di sesi latihan bebas biasanya memakai ban soft.

MotoGP Mugello kali ini masih belum diikuti Alex Rins. Pembalap Suzuki itu masih dalam pemulihan cedera. Posisinya digantikan pembalap Prancis, Sylvain Guintoli yang di dua sesi Jumat selalu di posisi buncit.

Berikut hasil FP1 dan FP2 MotoGP Italia 2017:


Hari Pertama MotoGP Italia 2017: Crutchlow Tercepat, Ducati Mendominasi, Honda-Yamaha Slow

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*