Andrea Dovizioso Juara MotoGP Italia, Maverick Vinales Kedua

Andrea Dovizioso Juara MotoGP Italia, Maverick Vinales Kedua. Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso berhasil menjuarai MotoGP Italia yang merupakan seri keenam di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu. Dovi mengalahkan pimpinan klasemen Maverick Vinales dan pembalap independen Danilo Petrucci.

Kemenangan ini merupakan yang pertama bagi Dovi musim ini. Tidak banyak yang menduga seorang Dovi akan memenangkan GP Italia mengingat saat sesi warm up pagi wib, Dovi absen karena keracunan makanan. Siapa sangka petang hatinya saat race berlangsung, Dovi menjaei sangat kuat dan sulit dikalahkan.

Dovi sukses menaklukkan sirkuit sepanjang 5,2 km itu dengan catatan waktu 41 menit 32,126 detik. Dovi unggul 1,281 detik dari Maveric Vinales yang finis di posisi kedua, kendati pebalap Yamaha itu memulai lomba dari garis terdepan.

Awal-awal balapan, aksi saling overtake menjadi tontonan menarik. Bahkan, hanya dalam 2 lap pertama saja ada sekitar 10 aksi overtaking. Vinales memimpin di awal-awal balapan. Bahkan hingga 11 lap jelang usai, empat pembalap terdepan berurutan Vinales-Dovi-Rossi-Petrucci.

Nah, di lap 13 atau 10 lap jelang finish, Dovi akhirnya mengambil alih pimpinan lomba dari Vinales. Menyusul kemudian Petrucci mampu mengalahkan Rossi. Jadilah posisi 4 pembalap terdepan Dovi-Vinales-Petrux-Rossi. Performa Desmosedici GP17 luar biasa khususnya di trek lurus. Trek lurus Mugello sepanjang 1,1 km mampu mengeksploitasi GP17.

Berkat itu pula Petrux bahkan sempat overtaking Vinales sebelum akhirnya dua lap kemudian kembali diambil alih pembalap Spanyol tersebut. Di belakangnya, Rossi sepertinya memang sudah tidak mampu lagi mendekati Petrucci. Kondisi yang tidak fit 100% membuat Rossi berpikir untuk sekedar mengamankan posisi 4 nya.

Akhirnya ketika bendera finish dikibarkan, Dovi meraih mimpi yang sempurna, kemenangan perdana musim ini baik bagi dirinya maupun Ducati. Siapa sangka kemenangan Ducati disumbangkan seorang Dovi, bukan pembalap mahal mereka, Jorge Lorenzo yang kali ini hanya finish ke-8.

Alvaro Bautista finish ditempat kelima setelah sukses besar menahan laju Marc Marquez. Duel keduanya menjadi tontonan menarik lainnya. Ducati GP16 yang dikemudikan Bautista mampu meredam agresivitas RC213V Marquez.

Nasib buruk menimpa dua pembalap Honda. Last lap, di sebuah tikungan ke kanan, Pedrosa yang berada di belakang Cal Crutchlow melakukan overtaking dari sisi dalam. Sayang, saat tengah sejajar tiba-tiba Pedrosa low side dan terjatuh menyeret Crutchlow di sampingnya. Keduanya crash dan berakhir si gravel. Nampak dalam tayangan Crutchlow emosi terhadap Pedrosa.

Hasil MotoGP Italia, Minggu (4/6/17):

Selamat untuk Dovizioso. Jika di final Liga Champions kemarin tim Spanyol (Real Madrid) sukses kalahkan tim Italia (Juventus), di MotoGP sebaliknya, di Italia pembalap Italia menang dengan motor Italia. Pembalasan yang sempurna heheheheAndrea Dovizioso Juara MotoGP Italia, Maverick Vinales Kedua.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*