Lima Pembalap Sudah Menang, Siapa Selanjutnya?

Lima Pembalap Sudah Menang, Siapa Selanjutnya? MotoGP musim lalu menjadi salah satu musim terbaik ajang balap motor paling populer di kolong jagad. Musim yang akhirnya menjadi milik Marc Marquez itu melahirkan banyak nama pemenang tiap serinya. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana para pemenang tidak akan keluar dari lingkaran para alien. Bagaimana kans musim ini mengulang prestasi musim lalu?

Valentino Rossi, Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa menjadi alien langganan juara di tiap tahunnya. Setidaknya keempat pembalap itu minimal sekali menang di tiap musim. Namun, tahun lalu selain keempat nama itu muncul nama-nama pembalap lain yang menyeruak menjadi penguasa podium satu.
Sebut saja Jack Miller yang secara mengejutkan mendominasi seri Assen dalam sebuah drama trek basah. Kemenangan Miller menjadi bukti bahwa pembalap tim satelit bisa berbicara banyak. Kemudian seri perdana Red Bull Ring, Austria menjadi milik Andrea Iannone kala masih memperkuat Ducati.

Selepas itu, ada Cal Crutchlow menjadi pembalap tim satelit kedua yang meraih kemenangan. Tidak hanya sekali tapi Cal dua kali menang yakni di Ceko dan Valencia. Maverick Vinales tidak mau ketinggalan, Silverstone menjadi catatan kemenangan satu-satunya pembalap yang kala itu memperkuat Suzuki di musim itu. Dan terakhir adalah Andrea Dovizioso yang menaklukkan Sepang menjadi pembalap kesembilan yang menang di musim itu.

Lalu, bagaimana dengan musim ini? Hingga seri kedelapan Assen pekan kemarin, tercatat lima nama yang sudah menang. Dari empat alien tinggal Jorge Lorenzo yang masih belum merasakan kemenangan. Performa dengan tim barunya, Ducati, masih belum gemilang. Prestasi terbaiknya hanya podium ketiga di Jerez. Sementara itu Rossi baru saja pesta di Assen, Marquez masih raja Austin, Pedrosa juga sudah menang di Jerez.

Yang menarik tentu saja meroketnya prestasi Vinales dan Dovizioso. Nama pertama bahkan menjadi pembalap tersering menang musim ini. Qatar, Argentina dan Le Mans berhasil dikuasainya. Bergabung dengan Yamaha menjadi titik balik prestasi Vinales. Sementara itu, Dovizioso sudah dua kali menang di Mugello dan Catalunya, lebih baik dari Marquez, Pedrosa bahkan Rossi.

Lima nama, masih butuh 3 nama lagi untuk menyamai prestasi musim lalu. Kira-kira siapa yang berpeluang mengisi slot tersebut?

Cal Crutchlow
Diantara para pembalap tim satelit atau pembalap Independen, nama pembalap asal Inggris ini punya peluang besar untuk memenangi minimal satu seri musim ini. Performa RC213V yang Ia gunakan musim ini masih memungkinkan untuk menang.

Johann Zarco
Rookie paling cemerlang musim ini, setidaknya hingga seri kedelapan. Agresivitas dan kecepatan Zarco di lintasan sudah membuat pembalap lain ketar-ketir. Memimpin di lap-lap awal di seri pembuka Qatar sebelum akhirnya crash memnuat namanya melambung. Prestasinya makin cemerlang. Podium di Le Mans menjadi podium perdana di kelas para raja. Pole position juga sudah sempat diraihnya di Assen. Intinya, pembalap ini punya potensi paling besar untuk masuk daftar pemenang musim ini.

Jorge Lorenzo
Performanya memang menurun dibanding kala masih di Yamaha. Namun, jangan pernah mencoret namanya dalam daftar pemenang, walaupun hanya satu seri. Proses adaptasinya di Ducati menunjukkan progres lumayan, bisa jadi di paruh kedua nanti Lorenzo bisa mencuri kemenangan.

Danilo Petrucci
Satu lagi pembalap tim satelit yang menonjol, Danilo Petrucci. Sempat dibekap cedera yang mengharuskannya absen di beberapa seri musim lalu, kini Petrucci telah bangkit. Dua kali podium, masing-masing podium tiga di Mugello dan nyaris menang di Assen bisa menjadi bukti bahwa Petrux punya potensi untuk menang.

Beberapa nama bisa muncul mengejutkan. Jack Miller yang makin konsistendi papan tengah bisa kembali mengejutkan. Jonas Folger juga punya potensi untuk mengejutkan. Andrea Iannone walau masih terseok-seok di Suzuki bisa jadi akan terlecut setelah diwarning manajemen agar tidak leha-leha.

Jadi, apapun masih bisa terjadi dalam 10 seri ke depan. Seri Sachsenring, Jerman akhir pekan ini adalah yang terdekat. Akankah muncul juara baru? Berat walau tidak mustahil. Marc Marquez dan Dani Pedrosa sangat kuat di sini. Sachsenring adalah sirkuitnya Honda. Lima Pembalap Sudah Menang, Siapa Selanjutnya?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*