Konsep Desain R25 ala Julak Sandie, Seharusnya Memang Begini R Series Itu!

Konsep Desain R25 ala Julak Sandie, Seharusnya Memang Begini R Series Itu! Deretan Yamaha R Series dari seri tertinggi R1 kemudian R6 diikuti R25 dan paling bontot R15 di Indonesia (ada lagi R125 sebenarnya) punya garis desain yang mirip-mirip. Namun, diantara yang mirip itu, R25 bisa dibilang paling tidak mirip dari semuanya.

Di Indonesia nasib R25 tidaklah sebagus nasib sang adik R15. Dalam pertarungan di kelasnya, R25 kalah jauh dari sang rival, Ninja 250FI dan CBR250RR. Sebenarnya dari performa mesin R25 masih bejaban lah dengan CBR250RR apalagi dengan Ninja, namun jika acuannya desain maka R25 bisa dibilang diabaikan. Data AISI bulan demi bulan bisa dijadikan bukti betapa merananya nasib R25.

Nah, melihat potensi engine R25 yang sebenarnya masih bisa diandalkan beberapa tahun ke depan, sayang rasanya jika ‘hanya’ gara-gara desain unacceptable membuat R25 ditinggalkan konsumen. Jadi, upgrade tongkrongan bodi dan wajah menjadi mutlak diperlukan tentu saja diiringi penambahan fitur-fitur value lainnya. Satu hal yang sebenarnya tidak usah jauh-jauh inspirasinya adalah desain R25 contek saja sang kakak, R1 dan R6 yang ‘kebetulan’ sudah dibuat segaris. Bahkan, R15 terbaru masih punya aura mirip Superbike dan Supersport Yamaha itu. R25 kenapa tidak?

Kebetulan, di jagad blogsphere lagi ramai dengan ‘ulah’ Julak Sandie yang mencoba menghadirkan sosok R25 baru. Penampakan R25 dengan wajah serupa R1 dan R6 serasa mewakili keinginan penggemar R Series di Indonesia. Okelah R1, R6 dan R15 punya kesamaan rangka deltabox, R25 ‘hanya’ pagar rumah, tapi mbok ya wajahnya jangan terlalu jauh berbeda juga. Maka, hadirlah R25 a la Julak Sandie. Gimana bro, keren gak?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika tampang wajib diupgrade maka fitur juga harus diupgrade. Performa tambah dikit lah pokok di atas CBR250RR. Yang krusial, setelah tampang justru fitur ini. Mau nambah fitur apa saja? Gampang, amati saja yang ada di CBR250RR, adopsi yang paling krusial plus tambah dengan fitur kejutan khas Yamaha. Ya, seperti yang dihadirkan pada R15 gitu, tiba-tiba ada assist & slipper clutch yang tidak terpikirkan oleh konsumen. Apa ya kira-kira? Ya gak usah dipikirkan bro, kalau ketenak sekarang unsur kejutannya gak ada lagi. Konsep Desain R25 ala Julak Sandie, Seharusnya Memang Begini R Series Itu!

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*