Fairing Baru Ducati Rasa Winglet, Lebih Berbahaya?

Ada yang unik pada gelaran latihan bebas kedua MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Jumat (4/8/2017). Di paddock Ducati terlihat Desmosedici GP17 bernomor 99 dengan tampilan fairing depan baru. Ada winglet di sana?!


Yup, Desmo GP17 yang dikendarai Jorge Lorenzo untuk melibas trek Brno di FP2 terlihat menggunakan fairing baru. Sepintas jika dilihat mirip fairing aneh yang pernah diuji coba Ducati saat pramusim lalu. Namun, untuk yang satu ini ada bagian fairing samping depan kanan-kiri yang menjorok keluar mirip winglet bro!

Inikah winglet anyar Ducati setelah winglet lawas resmi dilarang awal musim ini?

Kalau diperhatikan koq rasa-rasanya desain fairing ini jadi sama berbahayanya, bahkan lebih berbahaya dari winglet tahun lalu ya. Maksudnya gini, pada desain winglet yang telah dilarang, bagian sayap kecil yang dipasang hanya bagian kecil saja. Jadi, ketika misalnya bersenggolan akan mudah patah (demikian klaim Ducati kala itu) nah untuk yang saat ini bagian ‘winglet’ menyatu dengan fairing depan dan samping. Jadi lebih merupakan kepanjangan fairing. Andaikan terkena senggolan, ‘winglet’ ini tidak akan mudah patah. Lebih berbahaya dong… imho


Tapi, tentu saja ini hanya opini liar tak bermutu, abaikan saja. Para insinyur di Bologna tentu saja lebih mengetahui apa manfaat dan seberapa besar resiko bahayanya. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi ke depan dengan fairing baru Ducati ini.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*