Neymar Pecahkan Rekor, Berikut Rekor Pemain Termahal Dunia Sepanjang Masa

Bursa transfer pemain musim panas tahun ini mencetak sejarah baru. Adalah Neymar yang menjadi lakon utama. Dengan biaya €222 juta tim super kaya asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) memboyong pemain internasional Brazil itu dari tim Spanyol, Barcelona. Ini adalah rekor baru transfer termahal di dunia.

Sepanjang sejarah industri sepakbola Eropa dan dunia, inilah rekor transfer paling fenomenal. Harga beli Neymar lebih dari dua kali lipat rekor transfer termahal sebelumnya atas nama Paul Pogba. Pogba di musim 2016-2017 dibeli Man United dari Juventus sebesar €105 juta.

Padahal jika melihat rekor pemain termahal di dunia sebelum-sebelumnya, kenaikan harga sang pemain tidaklah sedrastis ini. Paling banyak ‘hanya’ alami kenaikan €20 jutaan saja. Seperti yang terjadi dengan rekor Cristiano Ronaldo di musim 2009/2010.

Kala itu Madrid membeli CR7 dari Man United seharga €94 juta sekaligus memecahkan rekor transfer yang telah bertahan selama 9 tahun atas nama Zinedine Zidane. Zidane menjadi pemain termahal dunia kala dibeli Madrid dari Juventus dengan banderol €73,5 juta. Bahkan, semusim sebelumnya sebelum Madrid menjadikan Zidane pemain termahal se kolong jagad, Madrid juga telah membawa Luis Figo ke Santiago Bernabeu dari rival Barcelona ‘hanya’ €60 juta. Berarti rekor Zidane hanya naik €13,5 juta dari Figo.

Rekor CR7 bertahan 4 tahun hingga akhirnya seorang pemuda Wales, Gareth Bale, diboyong lagi-lagi oleh Madrid dengan banderol €101 juta. Bale ‘hanya’ lebih mahal €7 juta dari CR7. Penambahan rekor pemain termahal makin kecil 3 tahun kemudian. Di musim 2016-2017 Manchester United memboyong si anak hilang Paul Pogba dari Juventus lebih mahal €4 juta dari rekor Bale sebelumnya.

Namun, semua angka itu seakan hanya ‘mainan’ ketika taipan minyak asal Qatar yang menguasai PSG jatuh cinta kepada salah satu penyerang dalam trio MSN Barcelona, Neymar. Kibasan Euro tidak mampu menahan kepindahan Neymar. PSG tidak melakukan negosiasi tawar menawae untuk membeli Neymar. Mereka hanya tinggal ‘memanfaatkan’ salah satu klausul kontrak tim-tim la liga dimana dalam kontrak tiap pemain diharuskan mencantumkan buy out clause alias harga maksimal si pemain. Jadi, jika ada tim lain ingin mengaktifkan buy out clause si pemain dan kemudian si pemain mau, tim pemilik sang pemain tidak bisa berbuat apa-apa.

Buy out clause Neymar Jr di Barcelona adalah €222 juta. Angka ini sebenarnya sangat besar untuk harga seorang pemain bola. Bahkan, untuk tim kaya sekaliber Madrid atau MU pun rasa-rasanya akan berpikir ribuan kali untuk mengeluarkan jumlah itu hanya untuk 1 pemain. Neraca kas klub bisa morat-marit jika dipaksakan. Tapi, ternyata harga itu bukanlah masalah bagi taipan gas asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi. Melalui PSG-nya, kita semua tahu akhirnya bahwa Nasser Al-Khelaifi kemudian memboyong Neymar ke Parc de Prince markas PSG.

Jadilah Neymar Jr sebagai pemain termahal dunia saat ini. Melihat harganya, bisa jadi rekor ini akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Untuk saat ini mungkin hanya ada dua pemain yang bisa mengganggu rekor Neymar yakni Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, itupun jika kedua pemain itu berniat hengkang dan ada pemilik klub lain yang segokil Nasser Al-Khelaifi.

Dengan berakhirnya saga Neymar, maka rekor transfer pemain termahal di dunia resmi menjadi milik si pemain berusia 25 tahun itu. Berikut Daftar 20 Transfer Termahal Dunia Sepanjang Masa:

Bagaimana nasib pemain-pemian bertalenta hebat lainnya setelah mega transfer Neymar? Akankah rekor transfer pemain termahal ini akan berubah lagi? Kita tunggu saja…

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*