Menang Lagi, Marquez Makin Kokoh Di Puncak Klasemen Pembalap MotoGP 2017

Marc Marquez merebut kemenangan pada seri ke-10 MotoGP 2017 di Sirkuit Brno, Rep. Ceko, Minggu (6/8/2017). Marquez mengalahkan sang partner, Dani Pedrosa dan rekan senegaranya Maverick Vinales. Kemenangan Marquez di Brno merupakan yang ketiga di musim ini atau kedua beruntun dalam dua seri terakhir.

Marquez memulai balapan dari posisi terdepan diikuti Pedrosa dan Valentino Rossi. Balapan dimulai dengan kondisi lintasan agak basah sehingga dideclare wet race. Para pembalap menggunakan ban basah. Selepaa start, Jorge Lorenzo yang start dari posisi 6 langsung ngacir memimpin. Rossi melakukan start cukup buruk dan turun ke posisi 4. Marquez berada di belakang Lorenzo.
Lap kedua, Marquez yang nampaknya tidak nyaman dengan ban basah segera masuk lap dan mengganti motor ban slick. Keluar dari pit, Marquez berada di posisi 20. Sementara itu Rossi mulai memimpin. Namun, keputusan Marquez untuk mengganti motor di awal lomba terbukti brilian.

Lintasan yang mulai mengering menjadi santapan lezat RC213V. Saru persatu pembalap di depannya segera disalip. Hingga akhirnya di laap kelima Marquez sudah di posisi kedua saja. Zarco di depan tapi belum ganti motor. Rossi yang ganti motor keluar ke lintasan di posisi 13.

Lap 7 Zarco masuk pit untuk ganti motor dan Marquez segera memimpin balapan. Tanpa perlawanan berarti dari pembalap lainnya, Marquez langsung memperlebar gap. Ketika para rival disibukkan dengan traffic yang padat di belakang, Marquez mamin nyaman di depan.

Lap 10 Marquez masih di depan diikuti Pedrosa dan Aleix Espargaro. Vinales ke-8, Rossi 11 dan Lorenzo 20!

Lap 14 menjadi mimpi buruk Aleix Espargaro. Gara-gara menabrak pembalap Suzuki saat ganti motor, kakak Pol Espargaro ini mendapat penalti. Alhasil, di depan trio podium dikuasai Marquez, Pedrosa dan Vinales. Gap Marquez dengan Pedrosa mencapai 19 detik.

4 lap jelang finish pertarungan Rossi vs Crutchlow menjadi hiburan lain. Rossi terus memperkecil gap dengan Crutchlow untuk memperebutkan posisi 4. Pace M1 Rossi terlihat lebih cepat dari RC213V Cal. Dan benar saja, setelah menekan terus menerus, di lap terakhir akhirnya Rossi overtake Crutchlow dari sebuah tikungan ke kanan. Rossi masuk dari dalam dan segera mengunci posisi 4.

Bendera finish berkibar dengan keunggulan Marquez sekitar 12 detik dari Pedrosa dan 18 detik dari Vinales. Rossi dan Crutchlow finish ke-4 dan kelima.

Kemenangan beruntun kedua Marquez musim ini. Menutup paruh musim dengan kemenangan di Sachsenring sekaligus ambil alih puncak klasemen, membuka paruh kedua dengan kemenangan plus memperkokoh posisi.

Hasil MotoGP Brno 2017:

Vinales Mulai Keteteran

Kemenangan di Brno plus hanya finish ketiga Vinales membuat posisi Marquez di klasemen pembalap makin kokoh. Jika sebelum race Brno poin keduanya hanya berjarak 6 poin saja, kini Marquez sudah unggul 14 poin.

Melihat tren performa keduanya dalam beberapa seri terakhir, khususnya 4 seri ke belakang, Vinales harus kuatir. Dalam kurun waktu itu, Marquez selalu naik podium dengan 2 menang, dan masing-masing 1 runner up dan posisi 3 sementara itu podium Brno menjadi yang pertama dalam 4 seri terakhir bagi Vinales. Bahkan di kurun waktu tersebut Vinales sekali gagal mendung poin saat di Assen.

Selain pertarungan langsung di klasemen antara Marquez vs Vinales, di bawah mereka masih ada 3 pembalap lain dengan poin tidak terlalu jauh. Dovizioso yang hanya finish keenam masih menduduki peringkat ketiga dengan 133 poin. Namun, posisi Dovi makin terancam Rossi yang hanya berselisih 1 poin di bawahnya. Posisi kelima terus mengintip peluang melesat adalah Dani Pedrosa dengan 123 poin atau hanya selisih 10 angka saja dari Dovi.

Masih ada 8 seri lagi hingga tuntas musim ini di Valencia nanti. Masih terbuka segala kemungkinan hingga penghujung nanti. Marquez tentu saja paling favorit untuk merebut juara musim ini. Performa stabil menjadi kunci. Sementara itu perjuangan lebih berat harus dilakoni dua Yamaha. Sedangkan sang juara bertahan Jorge Lorenzo nampaknya harus sudah mengubur impian mempertahankan titel. Proses adaptasi yang lambat di Ducati menjadi handicap terbesar x-fuera.

Sementara itu, di sisi kompetisi para rookie. Kandidat rookie of the year sepertinya tidak akan lepas dari dua pembalap Yamaha Tech 3. Johann Zarco awalnya diprediksi akan memenangi gelar tersebut dengan mudah, namun ternyata performa stabil, sang partner, Jonas Folger justru menjadikan pertarungan ini tidak kalah seru dengan perebutan titel juara dunia.

Berikut Klasemen Pembalap MotoGP Pasca Brno 2017:

Jadi, jagoanmu nomor berapa, bro?!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*