Ngakali Visor Helm Yang Oblak, Pakai Kertas Saja

Dana terbatas, sayang karena masih bisa dipakai atau memang terdesak adalah beberapa alasan yang membuat sebagian dari kita jadi kreatif. Nah, seperti yang RA lakukan dengan helm harian ini. Gak kreatif-kreatif juga sih…

Helm NHK (entah seri apa hanya tertulis ROAD FIGHTER PREDATOR di bagian belakang) yang menemani RA sekitar setahun terakhir akhirnya menyerah dengan keadaan. Helm dengan double visor itu rusak pada bagian gigi visor luar sehingga oblak. Tidak bisa dibiarkan terbuka, jatuh mulu. Gak tahu kenapa, dua helm terakhir yang RA pakai kerusakannya selalu sama. Visor luar oblak. Sebelumnya merk KYT juga gitu.
Mau beli baru koq sayang, nih helm pas banget di kepala. Dengan ukuran kepala yang RA punya susah menemukan helm yang pas. Alasan utamanya sih karena belum ada dana untuk beli helm baru hahahaha… maklum, ukuran kepala rada di atas rata-rata. Helm ukuran XL jadi keharusan. Ukuran L bisa dipaksakan namun butuh waktu lama untuk terasa pas. Di toko helm di seputaran kota Situbondo rada susah nyari yang ‘murah’ tapi ukuran besar.

Akhirnya sempat pakai helm hadiah NVL dulu yang hanya sempat dipakai 1-2 kali. Helm full face, ribet kalau untuk yang berkacamata seperti RA ini jika dipakai harian dari rumah-kantor yang hanya berjarak 3 menit. Memang lebih aman, tapi ya gitu deh… duh jangan ditiru ya bro. Jadi, half face masih pilihan ternyaman. Nah, satu-satunya helm half face yang pas di kepala oblak, puyeng dah.

Akhirnya mau tidak mau harus diakali. Ganti visor ya percuma, karena yang rusak gigi bagian helmnya. Lalu, muncullah ide untuk memasang sesuatu, benda apapun itu untuk diletakkan di antara gigi visor dan gigi helm. Pilihan jatuh pada kertas.

Pasangnya mudah saja. Lepas visor dari helm, termasuk sudaknya. Kemudian lipat hingga kertas agak tebal (kira-kira 5 mm lah) dan lebar 1 cm, lalu letakkan di gigi (eh apa sih namanya ya?). Pasang lagi visor dan helm siap dipakai. Visor luar bisa agak seret lagi. 
Percobaan pertama kekuatan kertas hanya bertahan 1 hari, keesokan harinya sudah oblak lagi. Yang kedua ini kertasnya dilipat agak tebal saja dan hanya dipasang di satu sisi gigi saja. Dan ini hari kedua, visor seret alias belum oblak lagi. Entah kuat berapa lama kali ini. Sambil nabung, lumayan buat sementara nih helm sampai dana terkumpul beli yang baru. Eh beneran gak sih NHK dan INK mudah oblak visornya seperti kata rekan RA?

Advertisements

2 Comments

    • Oh lem tembak ya… ok ok nanti kalau kertas ini kalah lagi tak coba. Kebetulan ada lem itu di rumah. Nice idea.. thx bro

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*