Suzuki Jimny Langsung Ludes, Tersedia 88 Unit Indener 200!

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 menjadi titik balik kebangkitan SUV legendaris Suzuki, Jimny. Di GIIAS pula Suzuki membuka kran pembelian untuk mobil AWD yang didatangkan utuh dari Jepang itu. Jumlah uni yang disediakan tidak banyak, alhasil langsung ludes. Padahal harganya tidak bisa dibilang murah, 285 juta Rupiah!

Sebenarnya, Jimny sudah nongol di GIIAS 2016 silam, namun kala itu kran inden belum dibuka seluruhnya. Baru di GIIAS 2017 ini Suzuki resmi mencatat siapa saja yang berminat untuk SUV tanpa saingan di tanah air ini. Jumlah unit yang disedikan terbatas hanya 88 unit saja, namun penginden mencapai 200 orang. Luar biasa memang rakyat Indonesia ini ya.

“Hari ini kami luncurkan kembali. Jimny sebagai obat rindu bagi konsumen Suzuki, khususnya pengemar Jimny. Sebenarnya awal meluncur di GIIAS (2016). Tapi sudah ada informasi di bulan Juli, buka inden hanya 88 unit. Ternyata permintaan dari masyarakat di luar ekspektasi kami. Hitungan kami setelah buka inden lebih 200 unit pemesan. Bahkan ada lima unit tambahan lagi di GIIAS. Tadi sudah serah terima yang pertama,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS, di sela peluncuran di ICE, BSD City seperti dikutip dari okezone.com, Sabtu (12/8/2017).

Berhubung peminat Jimny melebihi kuota unit yang disediakan, Suzuki terpaksa menyeleksi calon pembelinya itu. Asas pemerataan menjadi dasar seleksi. Suzuki berusaha memilih konsumen dari are berbeda, tidak didominasi area tertentu, misalnya Jakarta saja.

Uniknya, para konsumen terpilihnya selain akan mendapatkan unit Jimny, BPKB dan STNK, Suzuki juga memberikan sertifikat sesuai dengan nomor seri.

Lalu, kapan konsumen akan mendapatkan unitnya?

Suzuki menjadwalkan unit Jimny akan datang dari Jepang sekitar akhir Agustus. Kemudian dilakukan cek internal, dikirim ke dealer dan akhirnya ke konsumen di bulan September.

Jimny dibekali mesin empat silinder DOHC berkode M13A, memiliki kapasitas 1.328 cc VVT 16 katup yang terhubung ke transmisi otomatis empat percepatan. Tenaga yang dihasilkan 82 PS pada 5.500 rpm dan tosi puncak 110 Nm pada 4.500 rpm. Semua tenaga dikirim ke empat roda.

Untuk fitur, Suzuki telah menyematkan berbagai fitur seperti kursi penumpang adjustable dan kursi driver yang bisa diatur tinggi rendahnya. Airbag depan dan belakang untuk penumpang juga telah tersedia. Sistem pengereman ABS. Fitur lainnya adalah adanya peredam benturan depan dan samping. Crash sensor juga hadir, sayang sensor parkir absen. Untuk tempat duduk 4 kursi dan jenis transmisi otomatis.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*