Hasil Laga Indonesia U-22 vs Thailand U-22 SEA Games 2017 Malaysia

Hastag #TimnasDay menggema di timeline twitter hari ini. Tak lain karena timnas Indonesia tengah bertanding di laga perdana Grup B SEA Games 2017 di Malaysia menghadapi juara bertahan Thailand. Indonesia sempat tertinghal di babak pertama, namun membalas di babak kedua.

Luis Milla menurunkan penjaga gawang Kartika Ajie dengan empat bek di depannya yang diisi Gavin Kwan, Hansamu Yama, Ricky Fajrin dan Rezaldi Hehanusa. Di tengah ada trio gelandang Evan Dimas, M. Hargianto dan Septian David Maulana. Ketiganya adalah alumnus Timnas U-19 yang juara Piala AFF 2014 silam.

Di lini serang, Milla lebih memilih Marinus Marewar dibanding Ezra Walian yang diapit dua penyerang sayap Febri Haryadi dan Osvaldo Haay. Luis Milla memasang formasi 4-3-3 dengan fokus pada serangan balik.

Namun, pada kenyataannya di lapangan Evan Dimas dkk. lebih mengambil inisiatif serangan. Bahkan, penguasaan bola lebih unggul dibanding Thailand yang selama ini biasanya begitu rapi memainkan ball possession (52%-48%).

Sayang, berkali-kali menyerang justru Thailand yang berhasil mencetak gol lebih dulu. Penjaga gawang Kartika Ajie salah mengantisipasi umpan lambung dari sisi kiri pertahanan timnas. Alhasil, bola yang lepas dari tangkapan dicocor oleh striker Thailand Chaiyawat Buran. Thailand 1-0 Indonesia. Skor bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Luis Milla menginstruksikan anak asuhnya untuk menyerang lini pertahanan Thailand guna mencari gol penyeimbang. Dua menit babak kedua berjalan, Febri Hariyadi memiliki peluang emas ketika tendangan kaki kanan di pojok kiri pertahanan Thailand meneruskan umpan Rezaldi Hehanusa masih menyamping.

Akhirnya gol yang ditunggu datang juga. Berawal dari dijatuhkannya Osvaldo Haay yang melakukan akselerasi ke dalam kotak penalti Thailand, wasit memberikan tendangan 12 pas untuk Garuda Muda. Septian David Maulana yang menjadi algojo mengeksekusi si kulit bundar dengan dingin. Tendangannya mengarah ke kanan atas gawang Thailand sedangkan kiper Nont Muangngam ke arah sebaliknya. Menit 61 Indonesia menyamakan skor 1-1.

Menit 68 sebuah usaha dilakukan Evan Dimas. Tendangannya dari luar kotak penalti mengalir deras, sayang arahnya masih di samping kanan gawang Nont.

Di sisa laga, stamina para pemain kedua tim nampak sudah berkurang. Namun, beberapa peluang masih tercipta. Salah satunya di menit 79 dimana tendangan keras Phitiwat Sukjitthammakul nyaris membobol gawang Indonesia. Beruntung, Kartika Ajie tampil solid di babak kedua untuk menepis dan menggagalkan peluang gol.

Indonesia juga mendapat peluang emas di menit 90. Evan Dimas yang mendapat bola di dalam kotak penalti Thailand mengecoh dan menendang keras ke gawang Nont. Sayang, sang kiper masih sigap mementahkan peluang. Hingga akhir laga tidak ada gol tambahan yang tercipta, skor imbang 1-1 pun bertahan.

Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Filipina di Stadion Shah Alam, Kamis (17/8) tepat di saat hari kemerdekaan Indonesia. Semoga kado manis kemenangan bisa dipersembahkan Evan Dimas dkk. di hari bersejarah tersebut.

Susunan Pemain Indonesia U-22:

Indonesia: Kurniawan Kartika Ajie; Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa; Hargianto, Evan Dimas, Osvaldo Haay (Yabes Roni, 83’); Febri Haryadi (Saddil Ramdani, 64’), Marinus Wanewar, Septian David.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*