Hasil Pertandingan Indonesia U-22 vs Filipina U-22, Kado Manis Kemerdekaan Negeri!

Laga kedua sepakbola Grup B SEA Games 2017 antara Indonesia menghadapi Filipina berakhir manis. Laga yang bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 menjadi milik Ezra Walian dkk. Sebuah kado manis yang dipersembahkan anak muda Indonesia untuk kemerdekaan negerinya. Selamat…

Laga Indonesia vs Filipina yang dilangsungkan di Stadion Shah Alam, Selangor Malaysia, Kamis (17/8/2017) berlangsung dalam tempo tinggi. Jual beli serangan berlangsung sengit, namun Indonesia masih lebih unggul kreativitas dan penguasaan bola. Lini tengah Indonesia yang dimotori Evan Dimas tampil nyaris tanpa cacat. Ketika peluit kick off dibunyikan, garuda muda langsung menyerang. Hingga akhirnya gol yang ditunggu datang juga. Di menit ke-7, sebuah umpan lambung dari sayap kanan timnas yang dilakukan Putu Gede berhasil disepak sempurna Septian David Maulana. Bola bersarang di sudut kanan atas gawang Filipina, sedangkan kiper lawan mati langkah.

Unggul satu gol, dominasi garuda muda tidak kendur. Serangan terus dibangun, namun sayang umpan di sepertiga lapangan akhir kurang tenang dilakukan akibatnya bola sering mudah dipatahkan lini pertahanan Filipina. Ketika babak pertama sepertinya hendak berakhir 1-0, tiba-tiba umpan satu dua sentuhan antara Septian David, Ezra Walian dan M. Hargianto diselesaikan dengan manis oleh nama terakhir. Gol tercipta di menit pertama injury time. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-0 Indonesia atas Filipina.

Di babak kedua, tensi serangan terus dikembangkan oleh anak muda merah putih. Serangan dari sayap yang dipimpin Yabes Roni di kanan dan Saddil Ramdani di kiri mampu membuat bek Filipina kewalahan. Belum bangunan serangan dari tengah yang masih didominasi Evan Dimas dan Hargianto yang menambah kreativitas. Namun, memang masalah ketenangan masih menjadi handicap.

Serangan demi serangan timnas akhirnya membuahkan hasil. Sebuah serangan yang dibangun Ezra Walian mampu diselesaikan dengan sanhat cantik oleh Saddil. Tendangan melengkungnya dari jarak sekitar 20 meter mampu menembus pojok kiri atas gawang Filipina. Gol kelas dunia dari Saddil membawa Indonesia unggul 3-0 atas Filipina. Gol Saddil dicetak di menit 59.

Selanjutnya, setelah unggul cukup telak, Luis Milla menyegarkan skuad dengan melakukan rotasi. Osvaldo Haay masuk menggantikan Septian David. Dan benar saja, baru masuk lapanhan Haay sudah mendapatkan peluang emas, sayang belum membuahkan gol tambahan.

Ezra Walian yang telah memberikan dua assist di laga ini mendapat peluang emas untuk mencetak gol di menit 81. Memanfaatkan kesalahan koordinasi bek Filipina, akselerasi Ezra diakhiri dengan tendangan ke gawang. Sayang, bek Filipina masih mampu menghalau dengan kakinya. Peluang hanya menghasilkan sepak pojok. Sepanjang 90 menit penampilannya, Ezra tidak mengecewakan. Walau belum mencetak gol, pergerakan dan positioning-nya mampu membuka peluang bagi rekannya. Dua assist menjadi bukti bahwa Ezra punya peran penting di laga kali ini.

Skor akhir Indonesia 3-0 Filipina. Kemenangan kedua dan bekal manis sebelum menghadapi laga ketiga melawan Timor Leste.

Di pertandingan sebelumnya di grup B, Vietnam menang telak 4-1 atas Kamboja sedangkan saat bersamaan dengan timnas, Thailand harus bersusah payah mengatasi Timor Leste dengan skor 1-0.
Klasemen Grup B

Posisi Negara Main Menang Seri Kalah Gol Aggregat Poin

1. Vietnam 2 2 0 0 7 6
2. Indonesia 2 1 1 0 3 4
3. Thailand 2 1 1 1 0 4
4. Filipina 2 1 0 1 -1 3
5. Kamboja 2 0 0 2 -5 0
6. Timor Leste 2 0 0 2 -5 0

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*