Xpander-Confero S Hadir, Avanza-Xenia Positif, Ertiga Stabil dan Mobilio Merana!

Sesekali bahas mobil bro, tapi tetap tentang data statistiknya saja. Rada gelap kalau soal teknis. Oke, jika di motor kelas 150cc lagi gurih-gurihnya, di mobil segmen small MPV adalah yang paling banyak menyerap konsumen. Lalu, bagaimana persaingan Avanza-Xenia dengan penantang sekelas Mobilio, Ertiga atau bahkan Xpander dan Confero S di bulan Juli 2017 kemarin? Lanjuuut…

Sebelum melongok angka-angka penjualan secara wholesales alias dari pabrik ke dealer merk-merk jagoan itu, dua nama terakhir yakni Xpander dan Confero S belum membukukan angka penjualan. Mereka baru saja dirilis dan belum ready di dealer-dealer. Mungkin 1-2 bulan ke depan datanya baru ada.

Walau begitu, kehadiran keduanya jelas akan membuat pemain lama harap-harap cemas. Setidaknya di bulan Juli kemarin data Gaikindo menyebutkan bahwa Avanza masih menjadi raja di kelas small MPV ini.

Avanza masih menjadi benchmark small MPV dengan penjualan mencapai 9.100 unit, naik dari bulan sebelumnya yang ‘hanya’ 6.100 unit. Avanza memang sulit dipatahkan walaupun bullyan motor kaleng krupuklah, mudah remuk lah terus membahana di dunia maya, tapi ibarat pepatah ‘anjing menggonggong kafilah tetap berlalu’. Penjualan masih jumawa dibanding merk lain, walaun secara tren sejak awal tahun alami penurunan. Tapi, ketika yang lain juga turun, berarti bukan di sisi Avanza masalahnya.

Impresi positif juga ditorehkan kembaran Avanza, Xenia. Juli 2017 penjualan Xenia sedikit naik dibanding Juni 2017. Ada sekitar 2.700-an unit Xenia yang berhasil didistribusikan berbanding 1.900-an di bulan sebelumnya. Namun, Xenia trennya juga menurun. Biasanya penjualan Xenia di kisaran 3.000-4.000 unit tiap bulannya.

Yang paling merana adalah Mobilio. Varian dari Honda Prospek Motor ini mengalami penurunan penjualan di bulan Juli menjadi hanya 739 unit saja. Padahal bulan sebelumnya masih di angka 1.300-an unit. Itupun sebenarnya jauh turun dari ‘kebiasaan’ Mobilio yang di angka 3.500-5.000an unit per-bulan. Hemm… ekonomi lesu nih.

Yang paling stabil adalah Ertiga. Small MPV Suzuki punya ini mencatat penjualan 2.800-an unit sepanjang Juli 2017. Sejak awal tahun penjualan Ertiga memang ada di kisaran 3.000 unit.

Nah, peta persaingan akan berubah seiring mulai masuknya data penjualan Xpander dan Confero S di pertengahan September mendatang. Kue mana yang akan digerogoti atau justru akan menambah marketshare small MPV yang mulai menurun? Kita tunggu saja. Xpander dan Confero S sudah mulai tenar di dunia maya. Berbagai kelebihan Xpander sudah banyak yang mengulas, mulai dari blogger hingga media online khusus mobil. Pun demikian dengan Confero S. Bahkan hastag #mendingwuling membahana di dunia maya. Entah hanya gurauan atau serius, tapi Wuling dengan Confero S nya memang memiliki kekuatan di harga, khas China banget. Confero S menjadi small MPV paling murah saat ini. Bahkan, harganya setara mobil LCGC yang perlahan tapi pastibukan lagi menjadi mobil murah.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*