Hasil Indonesia vs Kamboja, Garuda Muda Lolos Ke Semifinal Tantang Malaysia

Indonesia turun ke arena dengan target mencetak gol secepat mungkin guna mengejar margin 3 gol yang menjadi garansi lolos ke semifinal. Hasilnya, sayap-sayap garuda menyerang dengan full speed disokong dari lini tengah dimana Septian David dengan penuh determinasi ikut merengsek ke depan gawang Kamboja. Sayang, kurangnya ketenangan dalam membongkar tembok pertahanan Kamboja membuat hasilnya masih belum terlihat.

Beberapa peluang diciptakan seperti di menit-menit awal tendangan Spetian David yang masih diredam kiper Kamboja. Menit 27 Evan Dimas memberikan umpan manis kepada Saddil Ramdani yang berlari dengan kencang di sayap kanan, sayang tendangan Saddil masih sedikit menyamping. Semenit kemudian Evan Dimas mengeksekusi sendiri hasil umpan Osvaldo Haay, lagi-lagi gagal. Bola tendangan pemain Bhayangkara FC itu melambung.

Indonesia terus mencari gol pembuka. Kamboja juga tidak mau begitu saja memberikan gol bagi lawan. Kelemahan timnas bisa teihat di pertandingan ini. Ketenangan menjadi hal yang sulit ditemukan dari para pemain timnas. Target harus cetak gol secepat mungkin justru terlihat membebani mereka. Ketenangan yang minim membuat bola terlalu cepat dilepas ke depan. Bola-bola panjang menjadi santapan mudah bagi bek kamboja. Hingga menit 40 Indonesia masih kesulitan mencetak gol.

Sementara itu di laga lainnya yang dilangsungkan bersamaan, Vietnam masih bermain imbang tanpa gol dengan Thailand. Sebuah hasil yang jika berlangsung hingga akhir laga maka Indonesia harus menang besar.

Tambahan waktu 3 menit diberikan wasit. Di pertandingan lain, Thailand akhirnya unggul 1-0 atas Vietnam lewat skema tendangan bebas tidak langsung di dalam kotak penalti Vietnam. Sebuah hasil yang menguntungkan bagi Indonesia. Hampir bersamaan, Indonesia juga mendapat keuntungan setelah bek kanan Kamboja mendapatkan kartu merah usai melanggar Ricky Fajrin. Sayang, tendangan bebas tidak mampu dikonversi menjadi gol. Babak pertama berakhir 0-0.

Babak kedua, Luis Milla memasukkan dua pemain baru yakni Febri Haryadi dan Ezra Walian. Febri menggantikan Osvaldo Haay sedangkan Ezra menggantikan Rizaldy Hehanusa. Dua pergantian brilian sebab terbukti dua pemain inilah yang merubah keadaan di awal babak kedua

Ezra sukses memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Kamboja untuk memberikan gol pertama bagi garuda muda. Gol Ezra dicetak di menit 57. Unggul satu gol, penampilan anak-anak muda merah putih makin menggila. Padahal di pertandingan lain, Thailand menambah keunggulan atas Vietnam menjadi 2-0.

Febri Haryadi spektakuler. Sebuah sepakan dari jarak sekitar 35 meter dari pemain Persib Bandung sukses menembus gawang kamboja. Indonesia unggul 2-0 atas Kamboja. Di pertandingan lain, Thailand makin menjauhi Vietnam setelah mencetak gol ketiganya.

Setelah unggul dua gol, Indonesia tidak menghentikan tekanannya untuk mencari gol ketiga. Sayang, ketenangan kembali menjadi kelemahan terbesar timnas. Bahkan ketika Kamboja harus bermain dengan 9 pemain ketika salah satu pemainnya harus dirawat di luar lapangan timnas belum juga berhasil membobol gawang Kamboja.

Tambahan waktu yang diberikan di babak kedua adalah 8 menit. Indonesia terus menekan pertahanan Kamboja. Namun, gol yang ditunggu belum juga datang. Bahkan, para pemain timnas justru lebih sering melakukan pelanggaran yang berakibat kartu kuning diberikan kepada bek Andy Setyo.

Hasil akhir Indonesia akhirnya menang 2-0 atas Kamboja. Hasil yang cukup membuat garuda muda lolos ke semifinal. Di semifinal, Indonesia sebagai runner up grup B akan menghadapi Malaysia sebagai juara grup A sedangkan Thailand yang secara dramatis menjadi juara grup B akan melawan Myanmar. Selamat!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*