Raih Podium Di Silverstone, Musim Masih Panjang, Valentino Rossi Sudah Menyerah, Lho?!

MotoGP musim ini masih menyisakan 6 seri lagi untuk menemukan siapa sang juara. Masih ada 150 poin maksimal yang bisa diperoleh oleh para pembalap, terutama 5 pembalap teratas yang paling berpeluang merengkuhnya. Namun, walau masih panjang waktu yang tersisa, nampaknya salah satu pembalap sudah mulai melemparkan handuk putih pertanda menyerah.

“Aku tidak cukup kuat untuk bertarung”

Ya, pembalap itu adalah Valentino Rossi. Cukup mengejutkan memang seorang Rossi memberi sinyal menyerah dalam perburuan gelar juara dunia padahal di awal musim, bahkan sejak musim 2015 lalu the doctor begitu ngotot untuk melengkapi gelar juaranya menjadi 10. Ada apa dengan Rossi?

Di seri terakhir akhir pekan lalu Valentino Rossi berhasil merebut podium Silverstone. Sebuah hasil yang membuatnya masih berpeluang mengejar Marc Marquez yang kebetulan gagal menyelesaikan balapan akibat mesin RC213V nya jebol. Dimana sebelum race Marquez tengah memimpin klasemen pembalap. Dan kini ketika pimpinan klasemen beralih ke Andrea Dovizioso, selisih poin Rossi juga ‘hanya’ 26 angka saja. Masih terbuka peluang untuk mengejar.

Disinyalir, performa dirinya dengan Yamaha M1 sepanjang musim ini menjadi alasan kuat ‘menyerahnya’ Rossi. Belum lagi adaptasi M1 dengan ban Michelin yang sangat buruk. Berapa kali di musim ini Rossi selalu mengeluh tentang ban. Bahkan, di Silverstone kemarin Rossi juga alami kesulitan dengan ban. Padahal Rossi memimpin nyaris sepanjang balapan. Sayang, di lap-lap akhir Dovi melesat untuk merebut kemenangan.

“Tapi bagi saya itu (menjuarai ajang MotoGP) sulit,” kata Rossi seperti dikutip dari bolasport.com, Senin (28/8/2017).

MotoGP musim ini memang seru. Persaingan antar pembalap papan atas tidak lagi hanya antara Rossi-Marquez atau Marquez-Lorenzo tapi sudah beemunculan calon juara dunia baru seperti Maverick Vinales atau Andrea Dovizioso yang tiba-tiba tampil tangguh musim ini. Jadi, peluang Rossi untuk juara memang semakin berat.

Hingga seri ke-12 ini Rossi baru sekali menang di Assen, bandingkan dengan Vinales (3x) atau Marquez (3x) atau bahkan Dovi yang sudah 4 kali menang. Rossi bukan lagi pembalap tercepat di lintasan, pun setali tiga uang dengan kondisi Yamaha yang masih kesulitan menemukan set up terbaik untuk berkolaborasi apik dengan Michelin.

Performa Rossi dibanding para rival

Jadi, pantaskah Rossi menyerah dalam perburuan gelar?

Advertisements

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*