Jika New R25 Akan Hadir, Apa Unsur Kejutannya?

Yamaha boleh saja tepuk dada untuk penjualan YZF-R25 di luar negeri, tapi di pasar domestik, R25 hanyalah pelengkap pasar saja. Penjualannya bagaikan langit dan bumi dengan ekspornya, bahkan dengan rival-rivalnya juga mengenaskan. Oleh karena itu, rumor bahwa Yamaha akan merombak R25 santer di jagad maya blogsphere otomotif roda dua tanah air. Konon kabarnya, New R25 akan memiliki desain R-Series. Heemm… anak hilang yang kembali.

Dilansir dari ‘mbahnya blog otomotif’ tmcblog.com, disinyalir New R25 akan memiliki fitur assist and slipper clutch, fitur yang sama dengan sang adik All New R15. Selain itu, suspensi upside down yang sepertinya sudah menjadi keharusan bagi motor sport keluaran terbaru juga akan disematkan. Diameter forknya 41 mm. Katanya sih akan menggunakan desain R6 lama. Wah keren nih…

Selain itu, ubahan juga akan menyasar bagian muka dimana air scoop akan memiliki model baru. Tidak lupa sistem pencahayaan sudah full LED, biar makin kekinian dan hemat energi gitu. Speedometer kabarnya juga sudah all digital LCD, ya ini sih sudah keharusan nampaknya untuk pasar dalam negeri walaupun lebih elegan perpaduan manual dan digital sih. Imho.

Untuk sektor jeroan, performa akan meningkat seiring meningkatnya kompresi yang menjadi 12,5:1. Ya, walaupun angka itu masih sebatas untuk pengujian. Selain itu andalan Yamaha yakni forged piston dan diasil silinder juga masih akan ada. Yang menarik adalah perubahan pada klep yang katanya akan lebih besar dengan desain baru. Wuih bakal lebih beringas nih. Makanya, untuk mengimbanginya Yamaha akan menghadirkan fitur yang sudah disematkan di XMax yakni Traction Control System (TCS).

New R25 akan makin gagah dengan velg dan ban yang lebih lebar dari versi current. Miring-miring jadi makin pede ini mah.

Sinyalemen katanya

Jika melihat sinyalemen fitur dan spesifikasi New R25 di atas yang baru mungkin hanya di traction control, ini akan menjadi yang pertama di kelas sport 250cc. Tapi, publik sepertinya membutuhkan sesuatu yang baru dan greget di New R25 ini. Ya, levelnya sama dengan ketika NMax dijejali VVA atau All New CBR250RR dengan throttle by wire-nya. Kira-kira apa ya?

Fairing sampingnya kurang greget

Selain itu, tidak bisa diabaikan juga bahwa salah satu ‘kekurangan’ R25 current adalah soal desain secara keseluruhan yang tidak terlihat seperti moge layaknya Ninja 250. Melihat langsung R25 memang terasa seperti motorsport biasa, nothing special untuk desainnya. Apalagi kalau melihat sektor tangki yang kekecilan, dashboard yang kopong dan fairing dari samping yang tidak elegan, Yamaha punya PR besar untuk sisi desain. Sesuatu yang biasanya menjadi kelebihan pabrikan garpu tala itu, kini mulai pudar, setidaknya untuk R25.

Ini sih mirip R1 terkini y

Last, tidak kalah pentingnya adalah memposisikan harga New R25 setelah launching nanti. Di kelas ini ada Ninja 250FI yang memiliki harga 59,8-70,6 juta Rupiah serta Honda CBR250RR yang dilepas dengan harga 63-72 jutaan Rupiah. Berapa pantasnya harga New R25 nanti? 60-70 jutaan sudah oke tuh. Mudah-mudahan bisa terbeli ya hahahaha… gak hanya jas jes joss wae katanya si itu.

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.