Daftar 11 Pemain Terbaik SEA Games 2017, Tiga Alumnus Juara Piala AFF U-19 Wakili Indonesia

SEA Games edisi ke-29 di Malaysia sudah usai. Di cabang sepakbola, Indonesia hanya berhasil meraih medali perunggu usai mengalahkan Myanmar 3-1. Namun, publik tanah air sepertinya tidak mencerca skuad asuhan Luis Milla, tidak seperti biasanya ketika timnas meraih kegagalan hadiah cercaan hingga pemecatan pelatih menjadi headline pemberitaan. Timnas U-22 kali ini dianggap memiliki potensi.

Penampilan impresif sepanjang babak penyisihan grup hingga juara ketiga menghadirkan apresiasi dari pecinta sepakbola nasional. Sejalan dengan itu, SEA Games 2017 kali ini bisa sedikit menghibur bagi timnas setelah 3 pemain garuda muda masuk dalam jajaran pemain terbaik ajang pesta olahraga Asia Tenggara 2 tahunan itu.

Adalah laman fourfourtwo.com, Kamis (31/8/2017) yang merangkum 11 nama pemain muda terbaik sepanjang gelaran SEA Games yang dimenangkan Thailand itu.

Para pemain negeri gajah putih mendominasi, wajar sebab mereka memang sang juara perebut medali emas. Ada 4 pemain gajah putih yang masuk daftar. Namun, di antara dominasi Thailand ada 3 nama pemain Indonesia di dalamnya. Siapa saja?

Hansamu Yama Pranata, bek tengah

Pasca kritikan tajam usai takling horor hingga mencederai Irfan Bachdim, penampilan Hansamu Yama justru makin matang. Mentalnya makin kuat untuk menjadikannya bek tengah terbaik yang dimiliki Indonesia. Penampilannya makin hari makin oke sejak Piala AFF Suzuki Cup, Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 dan terakhir di SEA Games 2017 kemarin. Lini belakang Indonesia solid berkat kehadiran bek asal klub Liga 1 Barito Putera itu. Padahal biasanya lini belakang Indonesia selalu rentan terhadap serangan-serangan lawan.

Absennya Hansamu Yama bisa dirasakan seketika saat di semifinal melawan Malaysia. Gol Malaysia yang dicetak N. Thanambalan merupakan kekuatan Hansamu yakni bola-bola atas. Mungkin jika Hansamu main, gol itu tidak akan terjadi. Sayang, kelemahan Hansamu masih bisa dieksploitasi lawan yakni emosi yang belum benar-benar terkontrol. Sesuatu yang membuatnya absen di semifinal usai menerima kartu kuning saat melawan Kamboja.

Evan Dimas Darmono, gelandang tengah

Gelandang terbaik Indonesia ini sempat mendapat kritikan akibat performanya yang menurun sehingga dia gagal menembus skuad Piala AFF 2016 silam. Namun, kini di Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2017 performa terbaiknya mulai kembali walau belum sampai di level terbaiknya saat masih memperkuat timnas U-19 asuhan Indra Sjafri.

Di bawah asuhan Luis Milla, Evan Dimas kini punya peran baru di sentral permainan. Posisinya sedikit lebih ke dalam, mirip deep lying midfielder, posisi yang membuat seorang Andrea Pirlo mendunia. Kini, ia bermain di posisi di mana ia bisa menonjolkan visi dan jangkauan umpan-umpannya, sesuatu yang tak banyak dimiliki pemain lain di Indonesia. Insting mencetak golnya belum hilang, golnya ke gawang Myanmar mengingatkan bagaimana positioning Evan Dimas begitu mengerikan jika di depan gawang sebagaimana hat-tricknya ke gawang Korsel U-19 tahun 2014 silam dalam penyisihan grup kualifikasi Piala Asia U-20.

Septian David Maulana, gelandang serang

Jika harus menyebut satu nama yang perkembangannya paling menonjol selama pelatihan Luis Milla, Septian David lah orangnya. Septian David seolah lahir kembali dengan posisi bermain yang berbeda dengan di klub atau bahkan saat di timnas U-19 empat tahun silam. Luis Milla memberinya kebebasan untuk berkreasi dan bergerak di belakang striker yang menjadikannya seperti trequartista.

Sepanjang sejarah timnas merah putih, mungkin pemain di posisi inilah yang tidak pernah kita miliki.

Di posisi barunya ini Septian David bisa lebih leluasa mengeluarkan kelebihannya yakni melakukan dribble dengan naluri mencetak gol tinggi. Terbukti, dalam 7 laga di SEA Games kali ini pemain Mitra Kukar itu sukses membobol gawang lawan 3 kali, bahkan catatan ini masih lebih baik dari gabungan gol striker Marinus Manewar dan Ezra Walian.

Trio alumnus Timnas U-19 juara Piala AFF 2013

Masa depan sepakbola Indonesia sudah mulai terlihat. Pondasi timnas yang bertumpu pada pemain-pemain muda harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Regenerasi dan kesinambungan timnas sejak usia muda hingga senior selama ini terasa seperti memiliki sekat tinggi, dengan penampilan garuda muda di SEA Games dan tidak lama lagi timnas U-19 akan beraksi di piala AFF maka timnas senior tinggal memetik hasilnya beberapa tahun ke depan.
Daftar 11 Pemain Terbaik SEA Games 2017:

Kiper
Nont Muangnam (Thailand)

Bek
Matthew Davis (Malaysia), Saringkan Promsupa (Thailand), Hansamu Yamaha (Indonesia), Suriya Singmui (Thailand)

Tengah
Nor Azam Abdul Asih (Malaysia), Evan Dimas Darmono (Indonesia), Noppol Polkhum (Thailand)

Playmaker

Septian David Maulana (Indonesia)

Depan
N. Thanabalan (Malaysia), Aung Thu (Myanmar)

Advertisements