Dorna Desak Yamaha Tentukan Pengganti Rossi, 6 Pembalap Ini Calonnya!

Yamaha harus kehilangan Valentino Rossi untuk setidaknya dua seri ke depan, Misano dan Aragon. Oleh karena itu, pihak Dorna selaku operator balap MotoGP mendesak kepada pabrikan garputala itu untuk segera menentukan pembalap pengganti sang doctor.

Namun, Manajer Komunikasi Yamaha, William Favero, mengungkapkan saat ini pihaknya belum menentukan satu nama untuk menggeber YZR-M1 mendampingi Maverick Vinales di Misano, 10 September mendatang. Yamaha tengah fokus dalam penyembuhan sang rider. Padahal, Dorna memberi tenggat 10 hari ke depan bagi Yamaha.

“Prioritasnya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi Valentino dan bagaimana pemulihannya. Begitu dia keluar dari rumah sakit dan situasinya lebih jelas, kami akan memutuskan apa yang harus dilakukan untuk Misano dan putaran berikut. Saat ini kami tidak ingin memprediksi apa pun,” ujar Favero dikutip dari liputan6.com, Sabtu (2/9/2017).

Rossi mengalami cedera patah tulang tibia dan fibula kaki kanan, lokasi yang sama dengan cederanya 2010 silam, ketika terjatuh saat menjalani latihan enduro bersama pembalap muda binaannya. Operasi sudah dilakukan dan sukses, namun dr. Pascarella yang mengoperasinya memprediksi Rossi harus rehat pemulihan 30-40 hari. Padahal dalam rentang waktu itu ada balapan Misano dan Aragon yang harus dihadapi. Praktis, dengan absennya Rossi, Movistar Yamaha harus mencari penggantinya.

Ada setidaknya ada 6 nama yang bisa dipilih Yamaha untuk menggantikan Valentino Rossi, yaitu:

1. Johann Zarco dan Jonas Folger

Status sebagai tim satelit Yamaha satu-satunya bisa mempermudah Movistar Yamaha sebenarnya untuk menarik salah satu dari dua pembalapnya itu. Apalagi penampilan Zarco dan Folger musim ini begitu baik. Kelebihan lainnya adalah mereka sudah paham karakter Yamaha M1, jadi proses adaptasinya akan lebih mudah.

2. Alex Lowes dan Michael van der Mark

Keduanya adalah pembalap World Superbike (WSBK) yang membela panji Pata Yamaha. Yamaha bisa menarik salah satunya jika gagal dengan Zarco atau Folger. Apalagi tidak ada benturan jadwal antara MotoGP dan WSBK di bulan September atau Oktober. Kelemahannya adalah keduanya harus beradaptasi dengan cepat agar bisa segera “connect” dengan motor spek MotoGP, motor yang benar-benar beda dengan Yamaha R1 WSBK.

3. Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane

Dua rider Jepang ini adalah pembalap penguji Yamaha. Keduanya tentu saja sudah hafal dengan karakter Yamaha M1 sebab keduanya sudah terlibat dalam pengembangan M1 dalam beberapa tahun terakhir. Nakasuga punya catatan mentereng ketika menggantikan pembalap reguler Yamaha MotoGP. Seperti yang dilakukannya di Valencia 2012 dimana Ia berhasil menyabet posisi runner up di race pamungkas itu. Jika melihat kebiasaan Ducati atau Honda yang menggunakan jasa pembalap penguji (Michelle Pirro atau Hiroshi Aoyama), nampaknya peluang Nakasuga atau Nozane untuk menggantikan posisi Rossi cukup terbuka lebar.

Jadi, siapa yang akan dipilih Yamaha?

Advertisements

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Tak Ada Pengganti Rossi di Misano, Movistar Yamaha Terancam Dikudeta! | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*