Hasil Piala AFF U-18: Dua Gol Egy Maulana Hantar Timnas U-19 Kalahkan Myanmar


Laga perdana Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 menjadi awal yang baik setelah mampu menaklukkan tuan rumah Myanmar. Rahmat Irianto dkk menang tipis dengan skor 2-1.

Walau memenangkan laga, Indonesia harus tertinggal lebuh dulu di babak pertama. Myanmar mencuri gol di menit 28 melalui kaki Myat Kaung. Gol terjadi akibat koordinasi lini pertahanan yang sangat buruk sepanjang 45 menit babak pertama. Benar, sepanjang paruh pertama permainan anak asuh Indra Sjafri sangat buruk. Salah umpan, miss koordinasi hingga keeping dan stop ball yang begitu jelek membuat Myanmar begitu nyaman menekan. Beruntung, ketajaman lini depan Myanmar yang kurang serta penampilan kiper Riyandi mampu membendung Indonesia dari kebobolan lebih banyak.

Di babak kedua, instruksi di ruang ganti oleh Indra Sjafri sepertinya berbuah manis. Laga baru dimulai, Indonesia sudah mengancam gawang Myanmar. Hanya penampilan prima sang kiper lawan yang membuat garuda muda belum berhasil mencetak gol. Masuknya Simanjuntak di menit 60 membawa perubahan permainan. Indonesia menyerang lebih cepat dari sektor sayap kiri. Menit 66 dan 67 berturut-turut peluang diciptakan Egy, sayang tendangan dan sundulan sang bintang masih berhasil dimentahkan kiper Htet Wei.

Di menit 71 melalui umpan lambung dari sisi kanan penyerangan Indonesia, umpan yang dilepas masih berhasil dihalau kiper, sayang bola liar tepat di depan Egy. Tanpa ampun Egy langsung menyundul bola dan gol. Indonesia menyamakan skor 1-1.

Selepas menyamakan skor, Indonesia terus mendominasi laga. Umpan-umpan pendek cepat dengan sesekali umpan panjang daerah mampu membuat pertahanan Myanmar kocar-kacir. Alhasil, stamina mereka menjadi kedodoran. Myanmar dipaksa bertahan di daerah pertahanannya sendiri.

Ketika laga sepertinya akan berakhir seri, muncullah sebuah umpan terobosan manis dari Asnawi Mangkualam yang juga baru masuk di babak kedua ke Egy Maulana. Egy yang tidak terkawal melakukan akselerasi ke depan gawang Htet Wei, dengan sedikit tipuan pura-pura hendak mengumpan, pemain terbaik turnamen Toulon itu justru melakukan tendangan placing ala Arjen Robben. Gol… bola yang ditendang sempat mengenai tiang jauh namun bola pantulannya akhirnya melesak ke dalam gawang. Dan gol itu diciptakan di menit 93 dari 4 menit injury time. Indonesia berbalik unggul, 2-1.

Hasil akhir Indonesia menang 2-1 atas tuan rumah Myanmar. Awal yang baik!

Laga berikutnya akan dilaksanakan Kamis (7/9/2017) melawan Filipina yang dilaga pertama mereka justru dikalahkan Brunei Darussalam.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*