Jelang Hadapi Myanmar, Formasi Sang Garuda Andalan Indra Sjafri Disiapkan!

Brosis, jangan lupa hari ini tepatnya nanti malam Timnas U-19 akan memulai petualangannya di Piala AFF U-19 dengan menghadapi tuan rumah Myanmar. Jelang laga perdana tersebut, Selasa (5/9/2017) pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri telah menyiapkan sejumlah nama pemain untuk turun sebagai starter. Selain itu, yang menarik adalah pelatih yang membawa Indonesia juara tahun 2013 pada turnamen yang sama itu akan menerapkan taktik baru.

Jika selama ini formasi 4-3-3 akrab menjadi pilihan utama, dalam latihan jelang berlaga di Myanmar Indra Sjafri mencoba formasi baru 4-1-3-1-1. Dia menyebutnya sebagai formasi sang garuda.

“Saya namai Sang Garuda karena formasi itu terinspirasi dari Burung Garuda. Ada kepala, leher, perut, sayap, dan kaki. Dari situ, kemudian saya coba taruh pemain-pemainnya. Saya lihat formasi itu cocok dengan kualitas pemain yang ada sekarang,” ujar Indra seperti dikutip dari laman kumparan.com, Sabtu (2/9/2017).

Dengan formasi baru itu, Indra menemukan striker yang cocok untuk dijadikan striker tunggal di depan yakni Hanis Saghara Putra. Indra menyebutnya kepala garuda.

“Gaya mainnya seperti tukang patok, pas kalau ditempatkan di kepala,” ucap Indra.

Di belakangnya ada pengatur serangan Egy Maulana Vikri yang disebutnya sebagai leher garuda. Pemain ini menjalani transformasi posisi dari posisi aslinya penyerang sayap menjadi penyerang lubang atau playmaker di bawah asuhan Indra. Dan, hebatnya Ia berhasil. Terbukti di Turnamen Toulon, Prancis 2017 Egy terpilih sebagai pemain terbaik padahal kala itu timnas U-19 gagal melaju ke babak selanjutnya.

Posisi perut garuda diisi dua pemain M. Lutfi dan M. Iqbal sebagai jangkar permainan. Dengan sayap lincah garuda pada sosok Saddil Ramdhani dan Wietan Sulaiman.

Sedangkan posisi kaki akan ditempati Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat Haris, Samuel Christianson dan penjaga gawang M. Riyandi.

Masih dari sumber yang sama, Indra menyebut formasi tersebut sudah kerap kali digunakannya dalam latihan dan ujicoba 3 bulan terakhir, termasuk saat melawan klub la liga spanyol, Espanyol beberapa waktu silam. Kala itu Egy dkk. kalah dengan skor 2-4 dimana dua gol timnas dicetak Egy Maulana.

Prakiraan Susunan Pemain (goal.com, 5/9/2017):

Indonesia:

Kiper
: Muhammad Riyandi

Bek
: Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat, Samuel Christianson

Tengah
: Muhammad Iqbal, M. Lutfi Kamal

Sayap
: Witan Sulaeman, Saddil Ramdani

Playmaker
: Egy Maulana Vikri;

Depan
: Hanis Saghara Putra

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*