Tampil Sendirian, Maverick Vinales Sukses Sabet Pole di Misano

Berjuang sendirian pasca timnya, Movistar Yamaha memutuskan tidak mengganti Valentino Rossi, Maverick Vinales masih bisa tampil maksimal di kualifikasi MotoGP Misano 2017. Pada sesi yang digelar Sabtu (9/9/2017) di Sirkuit Marco Simoncelli itu, Vinales berhasil mengamankan pole position untuk start terdepan di race yang akan dilangsungkan Minggu (10/9/2017).

Seri ke-13 MotoGP dipastikan tanpa kehadiran legenda hidup MotoGP, Velentino Rossi yang diharuskan menepi selama 30-40 hari usai menjalani operasi cedera kaki. Movistar memutuskan tidak akan mencari pengganti Rossi untuk seri Misano dan baru akan mengumumkan satu nama di hari Senin (11/9/2017) besok.

Hal ini membuat Vinales berjuang sendirian dengan YZR-M1 di lintasan. Beruntung, Vinales bukanlah pembalap kacangan. Di sesi kualifikasi kedua, pembalap asal Spanyol itu berhasil merebut pole. Ini adalah pole ke-4 Vinales musim ini, hanya kalah dari Marc Marquez (6 kali).

Best lap time Vinales di Q2 adalah 1:32,439 unggul 0,162 dari runner up Andrea Dovizioso. Posisi tiga menjadi milik Marquez yang sempat mengalami crash dengan 1:32,626. Formasi start di grid pertama ini menjadi cerminan rivalitas ketiganya dalam pacuan menuju gelar juara dunia MotoGP musim ini pasca ‘menyerahnya’ Rossi.

Posisi start di baris kedua diisi oleh Cal Crutchlow, Jorge Lorenzo dan Johann Zarco. Sedangkan di baris ketiga dikavling untuk Dani Pedrosa sang pemenang di Misano tahun lalu, Danilo Petrucci dan pembalap Aprilia yang makin oke saja, Aleix Espargaro. Dan di grid keempat akan diisi oleh trio Ducati; Alvaro Bautista, Michele Pirro sang wild card-er, dan Karel Abraham.

Top 12 kualifikasi diisi 1 motor Aprilia, 2 motor Yamaha, 3 motor Honda dan 6 motor Ducati. Ediaann… Ducati dari 9 motor di Misano ini, hanya 3 yang di luar top 12. Makin kompetitif saja nih tim asal Italia ini. Ciao…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*