Cetak 8 Gol, Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-18

Timnas Indonesia U-19 memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-18 usai mengalahkan Brunei Darussalam U-19 dengan skor telak 8-0, Rabu (13/9/2017) di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar. Striker M. Rafli tampil gemilang dengan mencetak hattrick.

Dituntut harus menang besar, timnas langaung menggebrak sejak pluit kick off dibunyikan wasit. Belum juga laga genap satu menit, M. Rafli sudah membobol gawang Brunei yang dikawal Amirul Hakim. Gol Rafli dicetak di detik ke-43. Ini adalah gol tercepat di turnamen Piala AFF U-18 kali ini.

Menit 18 playmaker timnas Egy Maulana Vikri membuat Indonesia unggul 2-0 setelah mencetak gol usai melakukan aksi solo run ke dalam kotak penalti. Sontekan kaki kiri pemain bernomor punggung 10 itu meluncur datar ke pojok kiri Hakim.

Egy mencetak gol keduanya di menit 22. Melakukan aksi sendirian di sisi yang sama dengan gol pertamanya, tembakannya ke kiri gawang Brunei gagal dibendung sang kiper. Indonesia makin menjauh dengan 3-0. Target 8 gol terus diperjuangkan anak-anak muda asuhan Indra Sjafri ini.

Sempat kesulitan mencetak gol tambahan, akhirnya nama Witan Sulaiman masuk scoreboard. Witan melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti dan menghunjam deras ke pojok kanan atas gawang Brunei. Gol tercipta di menit 41. Indonesia separuh jalan menuju target.

Dua menit selepas gol Witan, M. Rafli mencetak gol keduanya. Kali ini menyambut umpan diagonal dari sisi kiri Brunei, Rafli sukses menyundul bola masuk ke gawang Hakim. Dan akhirnya hattrick tiba di menit 45+2. Tembakan keras melengkung dari dalam kotak penalti usai menerima sodoran Asnawi Mangkualam menjebol gawang Brunei untuk keenam kalinya. Paruh pertama berakhir dengan skor 6-0. Dua gol lagi menuju target 8 gol.

Babak kedua, pelatih Indra Sjafri memasukkan sejumlah nama. Saddil Ramdani masuk usai jeda menggantikan Feby Eka yang nampak belum fit 100%. Masuknya Saddil menambah agresivitas lini tengah timnas. Namun, timnas harus menunggu hingga 20 menit untuk gol ketujuh. Di interval tersebut Indra Sjafri memasukkan tenaga baru, Abimanyu menggantikan M. Luthfi. Kemudian menit 66, Hanis Saghara masuk menggantikan M. Rafli yang nampak cedera usai salah menumpu saat menendang bola hasil umpan Egy.

Akhirnya, gol ketujuh datang juga melalui Witan Sulaiman. Gol kedua dari pemain bernomor punggung 8 itu mengoyak gawang Brunei melalui skema umpan sepak pojok. Gol tersebut dicetak di menit 67. Dan target 8 gol akhirnya tercapai semenit usai gol Witan.

Adalah Hanis Saghara yang mencetak gol pertamanya di turnamen kali ini. Gol perdana sekaligus gol kedelapan timnas di laga yang berat sebelah ini memastikan kelolosan garuda muda ke semifinal apapun hasil laga Myanmar vs Vietnam beberapa saat lagi.

Dengan hasil ini, maka Indonesia berhak naik ke puncak klasemen Grup B dengan poin 9 hasil 3 kali menang dan 1 kali kalah. Selisih gol timnas sama dengan Vietnam yang tergeser ke posisi dua dengan surplus 15 gol. Vietnam masih menyimpan 1 laga menghadapi Myanmar. Indonesia unggul agresivitas gol dengan memasukkan 19 gol berbanding Vietnam 16 gol. Di peringkat ketiga, Myanmar dengan nilai 6 dan selisih gol 13 (15-2).

Laga terakhir Grup B antara Myanmar vs Vietnam menjadi partai hidup mati bagi keduanya. Vietnam hanya butuh seri untuk lolos sebagai juara grup, sedangkan Myanmar harus menang. Skenario laga ini cukup unik. Walaupun Vietnam hanya butuh seri, namun jika kalah dari Myanmar 0-1 atau 2-1, maka Vietnam akan tersisih ke peringkat 3 dan gagal ke semifinal sebab Myanmar akan naik ke posisi runner up dengan Indonesia sebagai juara grup.

Di semifinal sudah menunggu Malaysia dan Thailand. Malaysia tampil sebagai juara grup A setelah unggul produktivitas gol dari Thailand di peringkat kedua.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam U-19:

Brunei Darussalam: Amirul Hakim; Rahimin, Ramli, Safwan, Wafi (c); Asrayffahmi, Farhan, Abdul, Danish; Hariz, Azirul.

Indonesia: Aqil; Samuel, Kadek, Rachmat Irianto (c), Dedi; Luthfi (Abimanyu 60′); Feby Eka Putra (Saddil 46), Asnawi, Witan; Egy Maulana; M Rafly (Hanis Sagara 66′)

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*