Piala AFF U18: Klasemen Akhir, 4 Semifinalis, Cerita Tragis Vietnam

X RIDE_3

Babak penyisihan Piala AFF U-18 Myanmar telah usai. Grup A mengirimkan Malaysia dan Thailand sebagai wakil di semifinal, sedangkan grup B melalui persaingan dramatis hingga laga pamungkas Indonesia dan Myanmar yang lolos. Malaysia sebagai juara grup A akan menghadapi tuan rumah Myanmar sementara Indonesia juara grup B melawan “musuh bebuyutan” Thailand di laga lainnya.

Persaingan di grup A yang diisi 6 negara relatif tidak seketat grup B yang diisi 5 negara saja. Malaysia dan Thailand selalu memenangkan laga sebelum keduanya bertemu di partai pamungkas untuk berbagi skor 1-1. Singapura yang diharapkan mampu memberikan perlawanan tampil buruk, bahkan di klasemen akhir posisi negeri singa itu hanya di peringkat 4 di bawah Timor Leste.

Malaysia memimpin grup A berkat produktivitas gol yang lebih baik dari Thailand. Malaysia mencetak 13 gol dan kemasukan 3 gol untuk surplus 10 gol. Sedangkan Thailand punya tabungan 9 gol dan kemasukan 2 gol (+7).

Timor Leste berada di peringkat 3 setelah di parta terakhir mengalahkan Singapura yang sebelumnya menempati posisi itu. Kemenangan 3-1 Timor Leste terhadap Singapura merupakan kemenangan kedua bagi negeri bekas bagian NKRI itu sekaligus kekalahan ketiga bagi negeri singa itu. Kamboja di peringkat 5 dengan 4 poin sedangkan Laos sebagai juru kunci tanpa meraih poin.

Persaingan lebih ketat terjadi di grup B. Ada tiga negara yang memiliki kemampuan relatif sama yakni Vietnam, Indonesia dan tuan rumah Myanmar. Vietnam menjadi unggulan di grup ini karena dalam sejarah keikutsertaan negeri vietcong itu di Piala AFF U-18 tidak pernah gagal melaju ke babak 4 besar. Myanmar juga punya sejarah bagus di kompetisi remaja ini selain status tuan rumah yang membuatnya diunggulkan. Indonesia tidak terlalu diunggulkan karena selama ini Indonesia hanya sekali lolos dari babak grup di tahun 2013 silam.

Hingga partai ketiga, Vietnam masih on the track. Tiga kemenangan di 3 laga awal membuat juara Piala AFF-U18 tahun 2007 itu juga dibarengi produktivitas gol yang luar biasa. Mencetak 16 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja. Bahkan, Vietnam mampu mengalahkan Indonesia 3-0 di laga ketiga. Sebuah hasil yang membuat peluang Indonesia lolos langsung tertunda.

Sementara itu, Indonesia sempat di atas angin usai memenangi laga pembuka melawan tuan rumah. Kemenangan kedua dengan skor mencolok 9-0 atas Filipina makin melambungkan asa garuda muda untuk lolos ke semifinal lebih cepat. Sayang, kekalahan dari Vietnam di laga berikutnya memaksa Egy Maulana dkk harus menang besar di laga terakhir melawan Brunei. Tidak tanggung-tanggung, Indonesia harus menang minimal dengan marjin 8 gol. Sebab produktivitas Vietnam dan Myanmar memang mengerikan.

Akhirnya tiba di laga terakhir. Indonesia tampil lebih dulu dengan beban target menang 8 gol, Hasilnya, luar biasa target itu tercapai. indonesia gunduli Brunei 8-0 sehingga membawa garuda muda lolos ke semifinal apapun hasil laga Myanmar vs Vietnam.

Berkat kemenangan Indonesia, partai Myanmar vs Vietnam menjadi laga hidup mati bagi keduanya. Myanmar harus menang (berapapun skornya) sedangkan Vietnam tidak boleh kalah. Seri cukup, kalah tersingkir.

Hasilnya, tragis! Vietnam yang sempat unggul cepat harus kalah dengan skor 1-2 dan tersingkir di babak grup. Prestasi paling rendah yang pernah dialami Vietnam di kompetisi ini, pasalnya sejak keikutsertaan mereka hasil minimal adalah babak semifinal.

Klasemen Akhir Grup Piala AFF U18 2017:


Ironisnya, cerita tragis serupa juga dialami Vietnam di SEA Games 2017 silam. Jika di Piala AFF ini Indonesia dan Myanmar yang menjadi “pelaku”, di SEA Games Vietnam dipecundangi Indonesia dan Thailand.

Menurut laman aseanfootball.org, Kamis (14/9/2017) babak semifinal akan diselenggarakan pada Jumat, 15 September 2017. Semifinal pertama pukul 15.00 Indonesia vs Thailand dan semifinal kedua pukul 18.00 antara Myanmar vs Malaysia. Seluruh laga dilangsungkan di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*